Lestarikan Budaya!

530
Elsa Yuniar

ELSA YUNIAR menilai generasi muda di era saat ini sudah jarang yang mengetahui kebudayaan daerah yang ada di Indonesia. Sebab, mereka saat ini lebih sibuk dengan gadget pribadi dan terbawa arus globalisasi kearah yang buruk.

Padahal, kata muli yang duduk di bangku kelas XII SMAN 1 Kalianda ini, keberagaman budaya merupakan ciri khas dari Bangsa Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

“Mungkin hanya ada beberapa anak muda di era sekarang ini yang paham dengan budayanya sendiri. Kita tidak membicaraan kebudayaan dari daerah lain dulu, tapi budaya yang diwarisi oleh leluhur di wilayah kita. Seharusnya, kita bisa melestarikannya. Bukan malah sibuk dengan perkembangan tekhnologi yang cinderung berdampak pada keburukan,” kata Elsa saat berbincang dengan Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Subdit Tipikor Polda Lampung Sambangi DPUPR

Salah satu siswa berprestasi yang pernah lolos seleksi pertukaran pelajar dari Kementerian BUMN ini menambahkan, beragam budaya yang ada di Indonesia tidak ada yang buruk. Sebab, setiap budaya yang diwarisi oleh leluhur nya masing-masing mengajarkan kita hidup dengan sopan santun sesuai dengan adat-istiadat yang berkembang di wilayahnya masing-masing.

“Apalagi kita (Indonesia’red) sebagai bangsa ketimuran yang sangat dikenal sopan dan ramah tamah. Jadi, sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus untuk melestarikan budaya kita masing-masing,” imbuhnya.

Dari hasil pertukaran pelajar yang dilaksanakan pada Bulan Juli silam, Elsa mengaku banyak kebudayaan dari daerah-daerah lain yang dia kenal. Bahkan, gadis yang bercita-cita menjadi guru ini ingin belajar banyak mengenai adat budaya dari daerah lain di Indonesia.

BACA :  Kader Golkar Warnai Pilkada Lamsel

“Kebudayaan ini menyangkut semua aspek kehidupan. Mulai dari pendidikan sampai bisa menjadi destinasi kepariwisataan. Daerah yang kental akan budayanya pasti akan maju dunia pariwisatanya. Orang dari luar negeri saja banyak yang ingin belajar budaya kita. Masa kita yang asli Indonesia sibuk dengan hal lain,” pungkasnya. (idh)

Biodata Muli

Nama       : Elsa Yuniar
TTL        : Teluk Betung, 26 Juni 2000
Alamat     : Jl. Veteran Atas, Penengahan Pios Kalianda
Hobi       : Menari
Status     : Pelajar Kelas XII SMAN 1 Kalianda
Nama Ayah  : Sarfin Aziz, SE
Nama Ibu   : Misrihayati S.Pd
Prestasi   : Duta Pelajar Provinsi Lampung 2017, Juara Kelas, Miss Intelegent SMAN 1 Kalianda 2017
Cita-cita  : Guru

 

BAGIKAN