Lima Desa Tetapkan Hasil Pendataan SDGs

16
David Zulkarnain – Penyerahan berita acara penetapan hasil pemutakhiran data desa berbasis SDGs, di Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Rabu (9/6).

CANDIPURO – Sebanyak lima desa di Kecamatan Candipuro akhirnya menetapkan hasil pemutakhiran data desa berbasis Sustaineble Developmen Goals (SDGs).

Kelima desa yang telah rampung melakukan pendataan wilayah desa, keluarga, kepala keluarga, hingga individu itu yaitu, Desa Bumijaya, Titiwangi, Banyumas, Batuliman, dan Desa Beringin Kencana.

Camat Candipuro, Wasidi mengatakan, setelah melakukan pendataan  yang dimulai sejak April lalu, kini sejumlah desa di wilayah Candipuro mulai menetapkan hasil pendataan SDGs.
“Setelah kurang lebih selama dua bulan melakukan pendataan. Pada pekan desa di Kecamatan Candipuro sudah menetapkan hasil pendataan, sampai saat ini sudah ada lima desa,” ujar Wasidi kepada Radar Lamsel, saat menghadiri musyawarah desa khusus (Musdesus) penetapan pemutakhiran data desa berbasis SDGs di Desa Banyumas, Rabu (9/7) kemarin.

BACA :  Ormas dan Pemuda Harus Selaras dengan Pancasila

Wasidi menjelaskan, pendataan SDGs  merupakan pendataan berskala global yang disepakati oleh para pemimpin dunia termasuk indonesia. Hasil pendataan ini, kata dia, akan dijadikan barometer penentuan kebijakan dan pembangunan.

Maka ia berharap, hasil pendataan SDGs ini merupakas hasil sebenarnya, yang ada di desa.

“Pendataan dilihat dari segala aspek, mulai dari fasilitas jalan, kesehata, pendidikan, lapangan kerja, bahkan pendapatan masyarakat. Hasilnya nanti dijadikan acuan pembangunan sehingga bisa menuntaskan kesenjangan dan kemiskinan yang ada di Desa. Maka dari itu hasin pendaat ini benar-benar hasil survei lapangan,” sambungnya.

BACA :  Galeri Investasi Desa Gandeng OJK

Sementara itu Kepala Desa Banyumas Syaiun M.si berharap dengan ada pedataan SDGs ini bisa mendorong pembangun desa menjadi lebih baik sehingga berdampak positif kepada masyarakat di desanya.

“Dengan adanya hasil pendataan SDGs ini kedepannya program pembangunan ini sesuai  dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga bisa memberikan dampak yang positif, memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Desa Banyumas,” harapnya. (vid)