Lima Tahun Rusak, Warga Harapkan Jalan Desa Segera Diperbaiki

533

SRAGI – Warga Desa Margasari, Kecamatan Sragi terus berharap kepada Pemerintah Kabupaten  Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) untuk melakukan perbaikan akses jalan desa setempat.

Usuf (45), warga setempat mengatakan, jalan yang menjadi akses masuk Desa Margasari tersebut mengalami kerusakan sejak lima tahun lalu yang hingga kini belum ada perbaikan serius dari pemerintah.

“Sudah lima tahun, belum ada perbaikan serius. Padahal jalan ini akses fital untuk masuk juga sekaligus jalan penghubung Desa Marga Sari dengan Madalasari,” tutur Usuf kepada Radar Lamsel, Rabu (4/10).

Usuf menerangkan, selama jalan tersebut mengalami kerusakan perbaikan hanya dilakukan dengan penimbunan sabes yang tidak bertaha lama. Akibatnya, warga lebih memelih jalan tanggul sebagai jalan alternatif disaat musim kemarau.

BACA :  Pupuk Subsidi Diklaim Aman

“Perbaikan hanya dilakukan dengan menimbun sabes. Itupun tidak bertahan lama karena banyak mobil besar masuk tiap musim panen. Ada jalan alternatif tapi kalau musim hujan tidak bisa dilewati karena becek,”  ujarnya.

Kepala Desa Mandalasari Hermawan mengungkapkan, jalan tersebut sudah masuk kedalam rencana pembangunan tahun 2018. Namun hingga kini, kata dia, belum ada tanda-tanda jalan tersebut akan diperbaiki. “Rencana jalan akan diperbaiki tahun 2018, namun hingga sekarang belum ada. Padahal jalan tersebut akses satu-satunya untuk masuk desa saat musim hujan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengkajian Konstruksi dan Bangunan Kecamatan Sragi – Ketapang Harsono membenarkan, jalan tersebut sudah masuk kedalam list Dukumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lamsel. “Semua proses perencanaan sudah selesai, tinggal menunggu pelaksanaan fisiknya saja yang terhambat,” ujarnya.

BACA :  Hati-hati, Jalan Poros Rusak Parah

Lebih lanjut Harsono menjelaskan, dari 22 peket pembangunan di Kecamatan Sragi hingga saat ini baru 3 paket yang sudah terlaksana. “Dari 22 peket baru 3 yang terlaksana yaitu satu peket sumberdaya air di Desa Bandar Agung, dan dua paket bina marga peningkatan jalan di Desa Kuala Sekampung dan Desa Suka Pura,” tutupnya. (vid)