LKM UPK Rajabasa Gelar Pelatihan Penyusunan RAB

498

RAJABASA – Lembaga Keuangan Mikro Unit Pengelolaan Keuangan Mandiri dan Sejahtera (LKM UPK Mandira) Rajabasa menggelar pelatihan pelaksana pembangunan dan kader teknis desa, yang digelar dikantor setempat Rabu (13/12) kemarin. Pelatihan dihadiri perangkat desa se-Kecamatan Rajabasa itu diharapkan bisa lebih menonjolkan peranan perangkat desa ketika melaksanakan pembangunan dan penyusuanan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Ketua LKM UPK Mandira Rajabasa Nuraidi dalam menagatakan  pihaknya memang sengaja memberikan pembelajaran agar perangkat desa dapat menguasai proses pembuatan RAB. “Jadi, pelatihan ini bermaksud memberikan pengetahuan kepada perangkat desa dapat menyusun rencananya sendiri,” katanya.

BACA :  Sekprov: Jangan Ragu Divaksin Saat Mendapat Giliran

Tujuannya supaya membuat desa semakin mudah ketika menjalankan proses pelaksanaan pembangunan. Menurut dia, selama ini desa merasa kebingunan ketika menjalankan sebuah proses pembangunan.

Nuraidi menilai itu merupakan sesuatu yang wajar, mengingat selama ini desa selalu meminta bantuan pemerintah kecamatan ketika melakukan penyusunan RAB.“Diharapkan kepada para peserta pelatihan untuk dapat menyusun desain dan RAB pembangunan secara mandiri. Sehingga pembangunan infrastruktur desa dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan,” pungkasnya.

BACA :  Eksekutif dan Legislatif tak Bergeming

Camat Rajabasa Drs. Mandala Putra, MM melalui Kasi Pemerintahan Kecamatan Rajabasa Sugeng menerangkan bahwa pihaknya mendukung upaya yang dilakukan oleh LKM UPK Mandira Rajabasa itu.

Sugeng mengatakan, selain pelatihan penyusuan RAB, bagian yang tak kalah penting dari pelatihan itu adalah pembinaan yang diberikan terhadap kader-kader yang ada di desa.

“Pemerintah kecamatan berharap kader yang mengikuti pelatihan ini dapat berdayaguna dengan melibatkan masyarakat desa dalam penyusunan desain dan RAB infrastruktur pembangunan di pedesaan,” pungkasnya. (rnd)