LPJU Jalinsum Banyak Padam

30
Randi Pratama – Beginilah kondisi Jalinsum yang hanya diterangi dua LPJU yang masih menyala. Foto dibidik, Minggu (13/9/2020).

KALIANDA – Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan bakal memiliki pekerjaan rumah. Pasalnya, lampu penerang jalan umum (LPJU) di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) banyak yang mati. Pantauan Radar Lamsel, Minggu (13/9/2020), LPJU yang mati mulai terlihat dari simpang Fajar hingga pertigaan jalan di depan Pengadilan Agama (PA) Lampung Selatan.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, LPJU tersebut tidak menerangi beberapa lokasi yang rawan terjadi kecelakaan. Misalnya di simpang Fajar, dan di depan gedung Graha Pena Lamsel. “Saya baru sadar kalau lampu jalan di sini mati. Pantesan agak gelap,” kata Tama (29), warga Kalianda.

Sebagai pengendara yang cukup sering melintasi Jalinsum wilayah Kalianda, dia cukup menyayangkan banyaknya LPJU yang mati. Menurut dia, dinas dan instansi terkait harus segera mengambil langkah. Entah itu perbaikan, atau penggantian jika ada alat yang rusak. Utamanya, pihak yang menaungi masalah LPJU harus peka dengan keadaan. Jangan sampai itu menimbulkan peristiwa yang tidak diinginkan.

BACA :  Huntap Kurang Lahan 6.000 Meter

“Lampu di dalam kota, mati. Ini lampu di Jalinsum juga mati. Jadi pengguna jalan itu kekurangan saran penerangan,” katanya.

Ryan (26), warga Kalianda, sepakat dengan hal tersebut. Menurut dia, LPJU yang notabennya memiliki fungsi untuk menerangi malah tak berfungsi. Selain menerangi lintasan dan lingkungan, keberadaan LPJU juga bisa menekan tindakan kriminalitas yang biasa terjadi di tempat-tempat gelap.

BACA :  Polisi Lakukan Penyelidikan

“Bisa saja. Penjahat kerap beraksi di tempat yang minim penerangan. Jadi sebaiknya lampu yang rusak segera diperbaiki demi kenyamanan dan keamanan,” katanya.

Selain di Jalinsum, lampu penerang jalan umum di jalan protokol kecamatan Kalianda juga banyak yang padam. Pemandangan LPJU yang mati terlihat dari jalan protokol kantor DPRD Kabupaten Lampung Selatan hingga lampu merah pertigaan hotel Kalianda.

Dari 31 LPJU, 20 diantaranya mati total. Sedangkan 6 LPJU ada yang menyala sebelah, dan 5 lampu lainnya yang menyala dengan utuh. Tak ada masalah serius bagi pengendara meski puluhan lampu tersebut mati. Namun, cukup aneh bila melihat jalan protokol dalam keadaan gelap. (rnd)