Lusa, Rekom DPD PKS Terbit

61
Veridial – Dua Bakal Calon Bupati Lamsel Hery Putra dan Irfan Nuranda Djafar menyambangi markas DPD PKS, Sabtu (11/1).

KALIANDA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung Selatan, segera menerbitkan rekomendasi Bakal Calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Lampung Selatan untuk Pilkada 2020 mendatang.

Komunikasi politik pun terus dibangun dengan para Balon yang telah mengantre daftar tunggu untuk menjemput rekomendasi PKS. Hingga pekan kemarin sudah ada empat nama bertatap muka dengan petinggi DPD PKS Lamsel.

Keempat nama itu meliputi, Balonbup Antoni Imam, Irfan Nuranda Djafar dan Hery Putra. Sedangkan pos Balonwabup baru Puji Sartono yang diklaim internal PKS sudah melewati tahapan seleksi di DPD PKS Lamsel.

Ketua DPD PKS Bowo Edi Anggoro mengatakan, PKS sudah memasuki tahapan pilah-pilih calon. Beberapa tokoh yang sudah menjalani pendalaman pada tahapan ini diantaranya, kader internal PKS Puji Sartono, Antoni Imam, sedangkan tokoh ekseternal baru dua nama yakni Hery Putra dan Irfan Nuranda Djafar.

“ Tahapan di PKS memang demikian. Kami berupaya menjalin komunikasi dengan Balon yang memang serius. Ketika Balon tida serius ya PKS tegas mencoretnya. Sejauh ini baru dua tokoh eksternal yang sudah saling menjajaki. Penjajakan meliputi kedalaman visi dan misi, taktik dan strategi hingga kans Balon sendiri mulai dari popularitas sampai elektabilitasnya semua dikupas lebih tajam,” ujar Anggota Parlemen Lamsel ini.

Bowo juga mengungkap kader internal PKS yakni Puji Sartono dan Antoni Imam sudah lebih dulu dibedah. Sisanya, PKS bakal menjajaki peluang terhadap tokoh eksternal potensial yang punya peluang sama dengan kandidat lainnya.

BACA :  Kapolres Bakal Razia Narkoba di Lapas

“ Memang internal dulu yang kami dulukan pada tahapan ini. Lalu kemudian para tokoh eksternal, selain empat nama diatas masih ada nama-nama lain. Sebab dari sekian yang mendaftar ada beberapa nama yang kami coret karena tak memenuhi panggilan,” jelas Bowo.

Kabar baiknya, para Balon yang telah mendaftar di DPD PKS sebagai Balonbup/Balonwabup bakal segera dapat bocoran kepada siapa restu DPD PKS diberikan. Bowo mengisyaratkan sekitar 15 Januari mendatang rekom dari DPD akan diserahkan ke DPW.

“ DPD punya andil besar dalam merekom ke DPW sebelum keputusan DPP resmi diterbitkan. Karena dari DPD inilah kisi-kisi nama Balon yang direkom bisa tergambar, kemungkinan 15 Januari ini sudah disetor nama-nama yang direkom sebelum rekom pusat turun,” beber dia.

Disinggung kapan rekomendasi DPP PKS ditetapkan? Bowo mengatakan rekom pusat diperkirakan sebelum PKS melakukan pemilihan presiden PKS medio akhir Februari – Maret mendatang.

“ Di pusat akan segera melakukan pemilihan presiden PKS kemungkinan sebelum itu, sekitar Februari atau Maret lah itu sudah bisa ditetapkan,” pungkasnya.

Bowo tak sendirian, sejumlah kader lain yang juga anggota DPRD Lamsel seperti Lukman dan Andi Apriyanto juga tampak di markas DPD PKS.

BACA :  Kalapas Sampaikan Gesekan, Dandim Siap Bantu

 “Komunikasi politik terus kami lakukan. Salah satunya dengan PKS, kedatangan kami ke PKS menunjukan keseriusan untuk maju pada kontestasi Pilkada Lamsel,” terang Hery Putra, Sabtu (11/1).

Kades Negara Ratu itu melanjutkan antara dirinya dengan PKS saling menjajaki. Penjajakan itu meliputi sejauh mana taktik dan strategi termasuk kesamaan visi dan misi antara Balon dengan Parpol.

“ Sejauh ini komunikasi dengan beberapa parpol berjalan baik. Di PKS juga kami saling mendalami dan menimbang kans kedepan. Dengan harapan kans mewujudkan koalisi tercipta,” ujarnya.

Pembicaraan antara Enggung, begitu sapaan Hery Putra dengan DPD PKS tak kurang dari satu jam. Durasi pembicaraan keduabelah pihak itu diharapkan berbuah goal yang diingini masing-masing pihak.

Pantauan Radar Lamsel, pada 11 Januari lalu, dua Balonbup Lamsel yang mendaftar di PKS sempat berpapasan. Mereka adalah Plt.Ketua DPW PAN Lampung Irfan Nuranda Djafar dengan Ketua PAC PDIP Natar, Hery Putra yang digadang menjadi joker dalam kontestasi Pilkada Lamsel mendatang. Keduanya sempat mengadakan perbincangan singkat. Namun isi perbincangan itu masih ditutup rapat-rapat.

Berbeda dengan Hery Putra yang mengusung personel lengkap dengan seragamnya, Irfan Nuranda Djafar datang dengan beberapa orang saja. Sekretaris Tim Penjaringan Balonkada PAN Lamsel Budi Setiawan salah satu persona yang satu mobil dengan Irfan. (ver)

BAGIKAN