Mahasiswa Keperawatan Berikan Sosialisasi Kepada ODGJ

48
David Zulkarnain – Mahasiswa Universitas Keperawatan Muhammadiyah Pringsewu melakukan sosialisasi kepada salah satu penderita ODGJ, di Desa Kedaung, Kecamatan Sragi, Senin (14/10).

SRAGI – Sebanyak 84 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kecamatan Sragi mendapatkan sosialisasi dari Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Senin (14/10).

Kegiatan yang digelar dalam rangka praktik profesi keperawatan ini sebagai upaya untuk mendorong penderita ODGJ untuk terus menjalani proses pengobatan.

Ketua Tim Pratik Keperawatan Dicky Reza mengatakan, sosialosisasi yang dilaksanakan secara door to door ini  merupakan upaya memberikan dorongan kepada pendirta ODGJ untuk terus melakukan proses pengobatan.

“Kegiatan sosiaslisasi ini mememberikan motivasi kepada penderita ODGJ yang masih dalam tahap penyebuhan untuk proses pengobatannya bisa terus berjalan,” ujar Dicky kepada Radar Lamsel.

Dicky menjelaskan, dorongan semacam ini merupakan hal yang penting dalam proses pengobatan penderita ODGJ. Pasalnya, penderitan ODGJ kerap terhenti dalam menjalani proses pengobatan.

BACA :  Dedi Tewas Kesetrum di Dalam Sumur

“Penderitan ODGJ atau pun yang sudah pulih tetap harus meminum obat secara terus menerus, dukungan dari keluarga juga tak kalah penting. Namun kebanyakan kasus proses minum obat ini terhenti, akibatnya  yang tadinya sudah sudah pulih jadi kambuh lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dicky menjelaskan selain memberikan sosialisasi kepada penderita ODGJ dalam kegiatan praktik keperawatan tersebut pihaknnya juga menggelar kegiatan penjaringan kesehatan keluarga dengan pemeriksaan kesehatan gratis.

BACA :  Sempat Diobservasi, ODP Asal Sragi Negatif Covid-19

“Dalam praktik keperawatan selam satu bulan, kami juga menggelar penjaringan kesehatan keluarga dengan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat,” ucapnya.

          Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sragi, Sumari Sasmito menerangkan sosialisasi ini diberikan kepada 84 ODGJ. Sumari berharap dengan adanya sosialiasi bisa mendorong proses penyebuhan penderita  ODGJ di Kecamatan Sragi.

          “Harapan kami dengan adanya sosialisasi dari mahasiswa keperawatan ini dapat mendorong program penyembuhan ODGJ di Kecamatan Sragi,” harapnya. (vid)