Maksimalkan CSR untuk Kepentingan Rakyat

804
Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum bersama sejumlah Kasatker saat melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi ke perusahaan yang berada di Lamsel. Bupati Lampung Selatan meninjau dermaga PT. Sinar Mas di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung, Kamis (26/5).

KATIBUNG – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan akan memaksimalkan dana sosial (corporate social responsibulity) seluruh perusahaan di Lamsel untuk kepentingan masyarakat.
Komitmen ini disampaikan Zainudin Hasan saat meninjau dan melakukan kunjungan kerja kesejumlah perusahaan di Kecamatan Tanjungsari, Tanjungbintang dan Katibung dua hari terakhir.
Pemanfaatan CSR itu juga akan dibagi rata. Jika selama ini CSR hanya dinikmati masyarakat desa disekitar perusahaan kedepan pembagian CSR akan dibagikan kepada seluruh desa.
Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan saat mengadakan kunjungan ke PT. Sinarmas yang berada di wilayah Kecamatan Katibung, Kamis (26/5).
Orang nomor satu dibumi Khagom Mufakat ini mengatakan untuk mendistribusikan itu Pemkab Lamsel akan membentuk Badan CSR yang akan menghimpun dan mendistribusikan CSR ke desa-desa. “Jadi sifatnya gotong – royong. Tidak melulu hanya desa disekitar perusahaan yang mendapatkan CSR,” kata Zainudin.
Camat Katibung Hendra Jaya yang mendampingi Bupati Lamsel H. Zainudin melakukan kunjungan kerja mengakui jika sebelumnya perusahaan yang ada di Kecamatan Katibung hanya membagikan dana CSR ke desa yang berada disekitar perusahaan saja. “Sebelumnya memang CSR hanya fokus di desa sekitar perusahaan,” ujar dia.
Namun dengan adanya program seperti ini, sambung Hendra, akan sangat membantu bagi desa-desa diluar Kecamatan Katibung yang didaerahnya tidak terdapat perusahaan. “Jika terealisasi, desa-desa lain juga bisa merasakan bantuan CSR,” ungkapnya.
Dia mengatakan, di Kecamatan Katibung terdapat sekitar 50 perusahaan. Mulai dari perusahaan besar, menengah hingga perusahaan berskala kecil. “Diwilayah Lamsel, Katibung memang sentra perusahaan,” katanya.
Hendra sendiri mendukung rencana memaksimalkan CSR itu untuk masyarakat desa. Nantinya dana tersebut akan digunakan untuk desa yang lebih membutuhkan. “Jadi, sistemnya jika desa tersebut dinilai tidak terlalu membutuhkan, akan dialihkan ke desa yang lebih membutuhkan,” katanya lagi. (ver)

BACA :  ODP Mayoritas Perantau