Marak Pencurian, Warga Harapakan Peningkatan Keamanan

236
Foto Ilustrasi

PALAS – Masyarakat Desa Kalirejo, Kecamatan Palas mengharapakan adanya peningkatan keamanan pada malam hari di wilayah desa setempat.

          Pasalnya, selama dua pekan belakangan masyarakat  terus dibuat resah dengan beberapa aksi pecurian dengan membobol rumah yang terjadi di wilayah desa setempat.

          Pjs. Kepala Desa Kalirejo Suwito mengungkapkan, selama dua pekan terahir masyarakat merasa resah dengan marakanya aksi pencurian yang terjadi di desa setempat selama dua pekan terahir.

          “Dalam dua pekan terahir sudah terjadi dua kali aksi pencurian dengan membobol rumah warga,” kata Suwito kepada Radar Lasmel, Senin (17/6).

          Suwito menerangkan, Kamis (13/6) pekan kemarin aksi pencurian terjadi di Dusun Rejosari III dengan sasaran Warung Desa (Wardes) Berkah Jaya Desa Kali Rejo. Dari aksi tersebut pelaku berhasil membawa kabur uang senilai Rp 7 juta dan perhiasan seberat dua gram milik pengurus Wardes.

          “Salah satunya yang menjadi sasaran aksi pencurian yaitu Wardes. Pelaku masuk melalui jendela rumah yang menyatu dengan bangunan Wardes. Dari aksi tersebut pelaku berhasil menggasak uang tunai dan perhiasan milik pengurus Wardes Berkahjaya,” terang Suwito.

          Masih di dusun yang sama, lanjut Suwito, beberapa hari sebelumnya kawanan pencuri juga masuk rumah warga dan berhasil mengabil uang tunai senilai Rp 2,5 juta.

          “Selain dua rentetan pembobolan rumah, dalam dua pekan sehabis lebaran ini juga terjadi pembegalan di Desa Kalirejo yang menjadi korbannya warga Desa Mekarmulya,” paparnya.

          Sebagai pemerintah desa, Suwito mengharapkan adanya peningkatan keamanan dari pihak kepolisian kecamatan setempat. “Agar masyarakat tidak merasa resah, harapan kami ada bantuan peningkatan keamanan dari pihak kepolisian seperti peningkatan siskamling dan patroli rutin,” harapnya.

          Sementara Kapolsek Kecamatan Palas, Iptu M. Sariakip mengamini dengan adanya tiga peristiwa pencurian yang terjadi di Desa Kalirejo. Untuk meredam aksi pencurian yang mulai marak terjadi pihaknya akan meningkatkan pengamanan dengan siskamling dan patroli malam.

          “Kasuh pencurian ini sedang kami tangani. Sementara upaya untuk meredam aksi serupa kami akam meningkatkan siskamling dan patroli malam di setiap desa,” ujarnya. (vid)