Masak Serba Ikan, Winarni: Momentum Majukan Sektor Perikanan

259

Hari Nusantara 2018

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan memperingati dan memeriahkan Hari Nusantara tahun 2018 dengan lomba masakan serba ikan, Selasa (11/12). Lomba yang dikuti tim penggerak PKK di 17 kecamatan di Lampung Selatan itu digelar di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Acara lomba masakan serba ikan itu dihadiri Ketua TP. PKK Kabupaten Lamsel Winarni Nanang Ermanto, Kepala Dinas Perikanan Lamsel Dr. Meizar Melanesia, serta sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Lamsel dan Camat Se-Lampung Selatan.

Winarni mengatakan, peringatan Hari Nusantara ini hendaknya dijadikan momentum untuk memupuk rasa kebersamaan bagi semua stakeholder untuk sama-sama memajukan sektor perikanan dikabupaten Lamsel.

BACA :  Mulai Dibahas di Kementerian, Natar Masuk RDTR Perkotaan di Lamsel

“Diharapkan melalui peringatan Hari Nusantara ini produksi ikan di Lamsel akan semakin meningkat. Hendaknya juga masyarakat diajak untuk sama-sama mengkampanyekan gemar memakan ikan,” ujar Winarni disela-sela acara penilaian lomba memasak ikan, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Lamsel Meizar Melanesia menyampaikan, Hari Nusantara yang kerap diperingati setiap tahun takkan bisa lepas dari sejarah. Dimana menurutnya, pada tanggal 13 Desember 1957 telah di cetuskan deklarasi Juanda oleh Perdana Meneteri Djoeanda Kartawijaya.

“Hal itu merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut internasional. Sehingga melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa,” ungkapnya.

BACA :  Ada Gym GWH Semakin Lengkap

Dikatakannya, kegiatan lomba masak serba ikan bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarkat akan gemar makan ikan. “Untuk menunya, kita bebaskan yang penting berbahan dasar ikan,  seperi otak-otak, sate ikan, ikan bakar, siomay ikan, pepes ikan” jelas Meizar.

Diketahui, acara lomba masakan serba ikan itu diikuti peserta terdiri dari para pengurus dan anggota tim penggerak PKK di 17 Kecamatan di Lampung Selatan. “Harapannya, para pengurus dan anggota PKK bisa mengajak semua masyarakat untuk gemar makan ikan,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN