Masih Banyak Warga Belum Punya KTP-el

514

KATIBUNG – Masih adanya warga yang belum memiliki KTP elektronik mengharuskan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdkucapil) Lamsel terjun ke desa.

Kemarin, giliran Desa Babatan Kecamatan Katibung yang adi tempat perekaman, pencetakan juga pembagian KTP-el bagi ratusan warga yang belum memiliki kartu identitas.

Kasi Kerjasama dan Informasi Pelayanan Rahman S.Kom. MM., mengatakan tak kurang dari seratusan warga dilayani sedari pagi hingga pukul 17.00 WIB.  Ia menjelaskan warga yang belum memiliki identitas agar mendatangi balai desa yang nantinya akan dikunjungi petugas Disdukcapil.

“Ternyata masih banyak warga yang belum punya identitas KTP-el. Itulah mengapa tujuan kami terjun ke desa-desa guna mengikis banyaknya warga negara yang punya KTP,” kata dia kepada Radar Lamsel di Balai Desa Babatan, Rabu (31/1) kemarin.

BACA :  Rengkuh Penghargaan Turunkan Stunting

Dilanjutkan Rahman, proses yang dilakukan mulai dari perekaman, pencetakan hingga pembagian dilakukan dalam sehari maka kata dia amat disayangkan bila masih ada warga yang enggan melakukan perekaman.

“Prosesnya langsung jadi ditempat tanpa dipungut biaya sepeserpun sesuai denga arahan Bupati Lamsel dan Kadisdukcapil Lamsel,” terangnya.

Masih banyaknya warga yang belum melakukan perekaman dibenarkan oleh Kades Babatan Suhartini, dijelaskan dari seratusan orang yang melakukan perekaman diprediksi baru separuhnya yang datang ke balai desa.

BACA :  Jaga Portal Pasar Inpres, Satpol PP Tunggu Instruksi

“Ada yang memang sibuk, ada juga yang masih beranggapan kalau membuat KTP itu masih bayar. Sehingga malas datang, padahal semua itu tidak benar adanya,” ujar dia.

Pada bagian lain Camat Katibung Sabilal mengapresiasi langkah Disdukcapil Lamsel yang intens turun ke desa-desa. Manfaat itu terang saja dirasakan warga Katibung, sebab jarak tempuh dari Katibung menuju Kalianda cukup jauh.

“Kami berharap kegiatan semacam ini rutin digelar, tujuannya selain menyediakan layanan publik tentu saja mempermudah akses warga untuk membuat KTP,” tandasnya. (ver)