MEP Majukan Ekonomi Wilayah Pesisir

2204

PADANGCERMIN – Keberadaan Marines Eco Park (MEP) di pantai Lembing Brigif-3 Marinir Piabung, Kecamatan Padangcermin bertujuan untuk memajukan perekonomian di daerah pesisir.
Komandan Brigif-3 Mar Kolonel (Mar.) Werijon mengatakan, Marine Eco Park merupakan yang pertama dibangun dan dapat menjadi salah satu icon di Indonesia. Dirinya menyatakan, Korps Marinir siap memberikan edukasi dan pembinaan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang berada diwilayah pesisir.
“Kita akan memajukan masyarakat diwilayah desa pesisir. Dan, salah satunya dengan membangun Marine Eci Park sebagai tujuan destinasi wisata,” ujar Danbrigif, saat meresmikan Marine Eco Park beberapa waktu lalu.
Dalam mempromosikan obyek wisata pantai Marine Eco Park, Korps Marinir menggandeng sahabat-sahabat Marinir untuk mempromosikan dan mengangkat serta mencitrakan derah setempat ke tingat nasional maupun Internasional sehingga akan lebih banyak masyarakat mengetahui keberadaan Marine Eco Park.
“Nantinya, untuk diwilayah desa terpencil ini ada sesutu yang bisa kita banggakan dari Provinsi Lampung,” ungkap Komandan Brigif -3 Mar yang belum lama dilantik ini.
Werijon mengatakan, bahwa Filosofi Marinir adalah From The village to Internasional Community, yakni dari desa untuk merambah dunia. “Pelaksanaan kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan pembinaan Desa Pesisir sebagai salah satu wujud program pembinaan Desa Pesisir yang merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkap Danbrigif.
Selain itu, lanjut Warijon, Brigif-3 Marinir juga memberdayakan keramba jaring apung ditengah laut sebagai sarana dan prasarana edukasi kepada masyarakat pesisir dan nelayan, sekaligus untuk membantu masyarakat setempat dalam mendapatkan penghasilan setiap hari.
“Jadi jaring apung ini tidak harus menunggu musim, setiap hari bisa mendapatkan ikan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir dan nelayan,” ujarnya.
Lebih jauh Werizon mengatakan, Marines Eco Park merupakan destinasi wisata yang dibuka untuk mengedukasi dan melakukan pembinaan terhadap masyarakat desa pesisir. Dengan pembinaan yang dilakukan, diharapkan masyarakat pesisir dapat meningkatkan pendapatan mereka sehingga mereka memperoleh kehidupan yang layak.
Nantinya, pihak pengelola Marines Eco Park akan melakukan pengaturan agar kedepanya Marines Eco Park menjadi destinasi wisata satu-satunya di Indonesia, mungkin di dunia, yang mempunyai tujuan mengangkat nilai ekonomi masyarakat.
“Meski berada di tempat terpencil, Marines Eco Park diharapkan dapat menjadi daya tarik dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lampung. Seperti halnya filosofi Marinir ‘Dari desa, kita merambah dunia,” tutup Danbrigif. (esn)

BACA :  Pembangunan GOR Mini Diapresiasi Bupati Lamsel