Meski Wabah Covid-19 Melanda, Bapenda Optimis Target PBB Tercapai Maksimal

20
Ilustrasi PBB
GEDONGTATAAN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pesawaran optimis target Pajak Bumi dan Bangunan tercapai maksimal, kendati perekonomian masyarakat terganggu akibat pandemi Covid-19.
“Target PBB kita tetap full atau 100 persen, walaupun ada surat edaran bersama menteri, yang menurunkan target PBB hingga 40 sampai 50 persen atau dari target Rp 7 miliar menjadi Rp4 miliar,” ungkap Kepala Bapenda Pesawaran, Wildan melalui Kepala Bidang PBB dan BPHTB, Mochammad Virsa Aditiawan, kemarin.
Dikatakan, pihaknya telah menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang PBB 2020 ke setiap desa dan kecamatan.
“Kita telah sampaikan SPPT di satu titik dengan mengumpulkan masing-masing kolektor desa, kolektor kecamatan dan kepala desa, namun tetap dengan prosedur dan protokol kesehatan,” kata dia.
Menurut Aditiawan, dari penyampaian SPPT PBB itu, pihaknya pun menyampaikan bahwa pada tahun ini tidak ada kenaikan PBB. Dan targetnya pun sama dengan tahun sebelumnya.
“Kita tetap optimis walau pun tahun ini baru terkumpul kurang dari 10 persen, dan biasanya pada 3 bulan terakhir tiap tahunnya pemasukan PBB meningkat dratis,” ujarnya.
Pada tahun lalu, lanjutnya, sektor PBB memperoleh kelebihan target sekitar beberapa persen. Dari target Rp 7 miliar, berhasil didapat sekitar Rp 7,25 miliar.
“Kita dapat tambahan dari jalan Tol sekitar Rp 800 juta,” kata dia.
Lebih jauh dirinya menambahkan, dari sebelas kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Waykhilau, Margapunduh dan Punduhpedada merupakan kecamatan yang aktif dalam melunasi target PBB-nya. Sedangkan Kecamatan Kedondong mengalami penurunan yang drastis.
“Biasanya Kecamatan Kedondong 100 persen namun tahun lalu Waykhilau, Margapunduh dan Punduhpedada yang mencapai target, dan tahun ini kita tetap optimis target tercapai,” pungkasnya. (esn)
BACA :  Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Capai Rp 23 Miliar