MIN 1 Lamsel Mewisuda Tahfidz Al-Quran Juz 30

532
Iwan J Sastra - Madrasyah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 Lampung Selatan menggelar acara wisuda Tahfidz Al Quran JUZ 30 bagi 33 orang siswa berprestasi di sekolah setempat, Kamis (28/3).

KALIANDA – Madrasyah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 Lampung Selatan sukses menggelar acara wisuda Tahfidz Al Quran JUZ 30 bagi 33 orang siswa berprestasi di sekolah setempat, Kamis (28/3).

          Kegiatan wisuda Tahfidz Al-Quran yang bertemakan “Jadikan Generasi Cinta Al-Quran” tersebut, merupakan yang kali pertama digelar pihak sekolah dasar bernafaskan islam ini.   

          Kegiatan prosesi wisuda Tahfidz Al Quran itu, diawali dengan pembacaan Al Quran JUZ 30 oleh para wisudawan dan wisudawati yang secara langsung disaksikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Suhaili, M. Ag, Kepala Kemenag Lamsel Drs. H. Juanda Naim, MH, Kepala MIN 1 Lamsel Zubaidah, S. Pd, M. Pdi, para guru dan staf MIN 1 Lamsel, dan orang tua siswa yang diwisuda, serta tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

          Kepala MIN 1 Lamsel Zubaidah dalam sambutannya menyampaikan, siswa yang mengikuti prosesi wisuda Tahfidz Al- Quran ini adalah siswa berprestasi yang telah mampu menghapal 37 surat bacaan Al quran pada juz 30, yang diawali dari surat An-nas hingga surat An-naba.

          “Jumlah siswa yang diwisuda sebanyak 33 siswa dengan rincian 22 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Harapannya kegiatan ini bisa memotivasi para siswa dan para pendidik di MIN 1 Lamsel untuk mencintai AL-Quran,” ujar Zubaidah.

BACA :  Belum Paham Pencegahan DBD

          Zubaidah menjelaskan, untuk bisa sampai diacara wisuda Tahfidz Al Quran JUZ 30 ini, para siswa-siswinya terlebih dulu mengikuti pembinaan secara ekstra yang dimulai dari kelas III hingga kelas V dengan bimbingan guru khusus Tahfidz Al-Quran yang ada di sekolah setempat.

          Menurutnya, siswa yang diwisuda adalah mereka yang duduk di kelas V dan Kels VI, dan program Tahfidz Al Quran ini merupakan salah satu program ekstrakurikuler unggulan yang ada di MIN 1 Lampung Selatan. “Tahfidzul Quran ini merupakan program yang diterapkan pihak Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung. Kami berharap ke depan, siswa MIN 1 Lampung Selatan bisa menjadi penghafal Al-Quran terbaik,” harapnya.

          Dalam kesempatan itu, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Suhaili, M.Ag, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada siswa-siswi, khususnya kepala sekolah dan guru MIN 1 Lampung Selatan yang telah menjadikan sekolah sebagai wadah untuk anak-anak menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Dikatakan Suhaili, program pendidikan Tahfidzul Qur’an bagi siswa-siswi madrasyah, sebagai antisipasi dalam menghadapi era globalisasi dimana generasi muda saat ini jauh dari nilai-nilai Al-Qur’an.

BACA :  RT Minta Warga Kumpulkan Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan?

          “Maka dari itu diperlukan adanya upaya untuk mengembalikan generasi kita kepada generasi yang agamis dan Qur’ani, melalui penerapan program pendidikan Tahfidz Al-Quran ini secara berkesinambungan dari pendidikan tingkat MI, MTs, hingga MA,” katanya.

          Diungkapkannya, pendidikan Tahfidz Al-Quran ini merupakan inovasi religi yang sangat luar biasa. Dia menuturkan, hingga saat ini diprovinsi Lampung telah terdapat sebanyak 2.833 siswa madrasyah mulai dari tingkat MIN, hingga MA yang sudah hapal Al-Quran mulai dari jus 30, 29, sampai juz 28.

          “Semua siswa yang telah hapal alquran itu adalah murni anak-anak yang bersekolah di madrasyah. Program pendidikan Tahfidz Alquran ini penting, dalam rangka membentengi anak-anak didik supaya memiliki Aqhlakul Qharimah serta agama yang kuat. Sehingga mereka (anak-anak, red) tidak akan mudah terpengaruh oleh segala permainan di jaman moderenisasi sekarang ini,” pungkasnya. (iwn)

Berikut liputan Saburai TV:

BAGIKAN