Minta Penerima PKH dan BPNT Diumumkan Diruang Publik

458
Kemas Yogi - Suasana pembagian PKH dan BPNT di Desa Sumber Jaya, Rabu (15/5).

JATI AGUNG – Daftar penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH) diharapkan bisa diumumkan di ruang publik dengan ditempel di masing-masing balai desa agar masyarakat bisa ikut mengoreksi penerimanya masih layak atau tidak.

“Masing-masing desa saya harap diberikan daftar warganya yang menerima BPNT maupun PKH dengan harapan bisa ditempel di papan pengumuman,” kata Camat Jatiagung Kartika Ayu kepada Radar Lamsel, Rabu (15/5).

Ia berharap masyarakat bisa ikut mengoreksi masing-masing penerima bantuan tersebut, apakah masih layak atau tidak. Apalagi, kata dia, daftar penerima bantuan sosial tersebut bersifat dinamis, terutama PKH ketika ada keluarga yang anaknya lulus sekolah atau meninggal, maka bantuan tersebut otomatis dihentikan untuk dialihkan kepada orang lain.

BACA :  Terlalu Sempit, Warga Desak Pelebaran Jalan

“Jika ada yang menemukan salah satu penerima bantuan tergolong mampu, tentunya bisa disampaikan kepada pemerintah desa atau pendamping atau langsung ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti apakah laporan tersebut benar atau tidak,” ujarnya.

Dia mengaku beberapa kali mendengar  ada yang menemukan data penerima bantuan sosial ternyata tergolong mampu, namun ketika diminta melaporkan hingga sekarang belum ada.

BACA :  Pelaku Usaha Diminta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Dengan diumumkannya daftar penerima bantuan sosial ke publik, kata dia, maka masyarakat luas bisa melihatnya secara langsung dan bisa ikut mengoreksi kondisi terkini penerima bantuan tersebut.

Di dalam daftar penerima bantuan sosial sementara tersebut, juga tertulis terbuka masukan dari tokoh masyarakat, ketua RT/RW untuk ikut mengoreksi dan melaporkan kepada kepala desa atau admin desa untuk perbaikan data. “Tentu harapan kami yang layak menerima untuk diprioritaskan, jangan terus-terusan ada laporam yang mampu malah tidak menerima,” pungkasnya. (kms)

BAGIKAN