Minta Wujudkan Pendidikan Gratis, EK-LMND Gelar Unjuk Rasa

792
Idho Mai Saputra – Ek-LMND lamsel menggelar unjuk rasa menuntut pendidikan gratis, di Depan Gedung DPRD Lamsel, Senin (16/5).

KALIANDA – Aksi unjuk rasa kembali terjadi di Kabupaten
Lampung Selatan, Senin (16/5). Kali ini, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Eksekutif Komisariat Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK-LMND) Lamsel menyampaikan orasinya di Tugu Adipura dan Gedung DPRD.
Pantauan Radar Lamsel, massa yang jumlahnya hanya 10 orang itu mulai melakukan orasinya di Tugu Adipura Kalianda sekitar pukul 11.00 WIB. Tak lama kemudian, mereka menuju Gedung DPRD untuk menyampaikan orasi yang sama.
Kordinator lapangan EK-LMND Lamsel Dedi Manda Putra dalam penyampaian orasinya mengatakan, saat ini keadaan objektif tentang adanya liberalisme dibidang pendidikan sudah carut marut. Karena, pendidikan formal banyak dimanfaatkan oleh sekelompok golongan.
“Tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan cita-cita bangsa yang tertuang dalam konstitusi negara. Kami harap, wakil rakyat bisa mengusut tuntas permasalahan tersebut demi meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten ini,”kata Dedi Manda.
Dia melanjutkan, realita yang terjadi tersebut merupakan bentuk pengkerdilan terhadap dunia pendidikan di Lamsel. Karena, dalam situasi sulit masyarakat butuh pendidikan yang murah dan terjangkau.
“Kami minta pemerintah daerah mewujudkan pendidikan gratis ilmiah dan demokrasi. Kami menolak dengan adanya penyempitan demokrasi ruang lingkup mahasiswa. Lalu, kami juga meminta transparasi dana APBD untuk anggaran pendidikan,”tukasnya,
Setelah usai menggelar orasi dengan penjagaan ketat aparat kepolisian dan Satpol- PP Lamsel, massa mulai membubarkan diri dengan tertib. Karena, tidak satupun wakil rakyat yang menanggapi aksi dari segelintir mahasiswa tersebut. (idh)

BACA :  Perangi Corona Awasi Dananya!