Misi Krawangsari – Itera Olah Sampah Jadi Kompos

31
ILUSTRASI

NATAR – Lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Talang Sawo, Desa Krawang Sari akan dijadikan objek pengelolaan sampah masa kini oleh koperasi Institut Tekhnologi Sumatera (Itera). Hal itu diungkapkan Kepala Desa Krawang Sari Nikmatus Solekah kepada Radar Lamsel diruang kerjanya, Kamis (25/6).

Menurutnya, pihak Itera sudah bertemu dengan warga Dusun Talang Sawo untuk lebih spesifik merencanakan pengelolaan tersebut. “Sudah ada pembicaraan, mayoritas masyarakat setuju dengan rencana itu. Apalagi melibatkan masyarakat juga dalam pelaksanaannya nanti,” ungkapnya.

BACA :  Satu Dokter RSNM Dikabarkan Terpapar Covid-19

Kerjasama tersebut sambungnya, akan berorientasi ke bisnis pengolaan pupuk kompos serta mengupayakan sekitar TPS tidak selalu dipandang sebagai lokasi pembuangan sampah semata. “Rencananya itu pengolahan sampah menjadi pupuk kompos, kami sangat merespon baik,” ucapnya.

Sementara itu Kadus Talang Sawo Afandi mengaku senang dengan inisiatif pihak Itera tersebut untuk mengolah sampah menjadi bahan yang berguna dan bernilai ekonomis. “Harapannya nanti bisa meningkatkan kesejahteraan warga disekitar TPS,” harap dia.

BACA :  Winarni: Beda Pilihan, Warga Natar Sudah Dewasa

Ia menambahkan, dalam waktu dekat kemungkinan akan ada kesepakatan untuk memulai pengolahan sampah itu. “Masyarakat sudah paham semua, dan memang senang dengan rencana itu,” pungkasnya. (Kms)