MTQ Kabupaten Siap Digelar

922

KALIANDA – Persiapan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan telah mencapai 80 persen. Hal tersebut terungkap saat rapat pemantapan MTQ di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Selasa (9/2).
Kepala Bagian (Kabag) Bina Mental dan Spiritual (BMS) Setdakab Lamsel Drs. A. Kholil mengungkapkan, pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten akan dimulai pada tanggal 15 Februari, mendatang. Lokasinya, kata Kholil, akan menggunakan pelataran Masjid Kubah Intan Kalianda.
“Hari ini (kemarin’red), sudah akan memulai membuat dekorasinya. Jadi, setelah kita gelar rapat kecil sebelum disini, kira-kira sudah mencapai 80 persen,”kata Kholil dalam laporannya, kemarin.
Dia menambahkan, ada 6 tangkai yang akan diperlombakan dalam MTQ tingkat Kabupaten Lamsel ke-45. Diantaranya adalah Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Tafsir Quran, Fahmil Quran, Sahril Quran dan khotil Quran.
Selain itu, jelas dia, para peserta akan menempati tiga tempat penginapan milik Pemkab Lamsel. Yakni di wisma atlet, wisma kartini dan wisma Kementerian Agama (Kemenag) Lamsel.
“Semua lokasi penginapan juga sudah kita cek seluruhnya. Bahkan, kalau tiga lokasi itu tidak cukup, kami juga sudah mengantisipasinya dengan menggunakan rumah dinas Camat Kalianda,”imbuhnya.
Dia membeberkan, jumlah peserta MTQ secara keseluruhan ditafsir sekitar 765 orang. Dengan rincian masing-masing kecamatan mengirimkan 45 orang termasuk official.
“Tempat pelaksanaan Tilawatil Quran di Masjid Kubah Intan, Hifzil Quran di Aula Sebesi (PKK), Tafsir Quran di aula Rajabasa, Fahmil Quran di GSG, Sahril Quran di aula Seandanan dan khotil Quran di Man Kalianda,”jelasnya.
Para pemenang lomba, lanjutnya, nantinya akan mewakili Kabupaten Lamsel pada MTQ tingkat Provinsi Lampung yang akan digelar di Kabupaten Tanggamus pada Bulan April, mendatang. “Ini sebagai penjaringan peserta yang bakal menjadi perwakilan Lamsel. Karena, Lamsel selama empat kali berturut-turut telah menjadi juara umum dalam ajang ini. Jadi, setelah diketahui pemenangnya, akan kita latih untuk persiapan tingkat Provinsi,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Lamsel Masuk Kawasan Kluster Budidaya Udang