Mulai Juni, Penerima BPNT Dapat Ambil Beras di e-Warong

251
Ilustrasi BPNT

GEDONGTATAAN – Terhitung Juni mendatang sebanyak 40.710 penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah dapat mengambil beras sejahtera dan telur di e-warong yang telah dibentuk di wilayah kecamatan masing-masing.

“Saat ini lagi diverifikasi e-warong di 109 titik tersebar di 11 kecamatan,” ungkap Kepala Dinas Sosial Pesawaran Yulizar beberapa waktu lalu.

Dikatakan, pembentukan e-warong dilaksanakan oleh petugas TKSK dan dikelolah oleh masyarakat penerima manfaat. Dimana untuk satu e warong mencapai 10 orang pengelola.

“Jumlah penerima rastra di Pesawaran mencapai 40710 dan didalamnya terdapat  30582 penerima PKH.  Saat ini lagi verifikasi e warong di 109 tempat di 11 kecamatan. E warong dibentuk oleh TKSK dan pengelola merupakan penerima mafaat,” jelasnya.

BACA :  KPU Simulasikan Pemungutan Suara Dengan Protokol Kesehatan

Mekanisme pengambilan rastra itu nantinya lanjut mantan Sekretaris DPRD ini, penerima manfaat akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dimana KKS tersebut nantinya sebagai dasar pihak Bank untuk menerbitkan kartu pencairan atau kartu edisi. Dan disetiap e warong terdapat mesin edisi yang akan digunakan untuk menggesek kartu edisi tersebut.

“Setiap penerima manfaat akan menerima kartu edisi untuk digunakan belanja di e warong sesuai kebutuhan mereka. Dan jumlah BPNT mencapai Rp 110 ribu perbulan per kepala keluarga,” paparnya.

BACA :  Polsek Gedongtataan Gencar Operasi Penegakan Protokol Kesehatan

Lebih jauh mantan camat Kedondong ini menambahkan, Kementerian Sosial nanti akan menerbitkan 40710 kartu edisi sesuai byname byadress penerima manfaat. Dan masing-masing penerima manfaat sudah ditentukan e warong yang dapat memfasilitasi pengambilan bantuan non tunai tersebut melalui kartu edisi sesuai kebutuhan mereka.

“Nah, penyaluran rastra terhitung Januari sampai saat ini masih tunai atau langsung ke setiap desa. Nanti Juni mekanisme pencairan sudah non tunai melalui e-warong,” pungkasnya. (Rus)