Murenbangdes Harus Selesai Sebelum November

80
David Zulkarnain – Musrenbangdes Desa Sumber Agung, Kecamatan Sragi, Senin (21/10). Dalam kesempatan tersebut Camat Sragi Bibit Purwanto mengharapkan Musrenbangdes di sepuluh desa selesai akhir Oktober.

SRAGI – Pemerintah Kecamatan Sragi mengharapkan pemerintah desa untuk segera melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) 2020.

Percepatan pelakasanaan Murenbangdes ini dilakukan agar pemerintah desa bisa fokus mengerjakan program pembangunan pada anggaran Dana Desa (DD) tahap ketiga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Camat, Sragi Bibit Purwanto pada saat menghadiri Musrenbangdes di Desa Sumber Agung, Senin (21/10).

Dalam kesempatan tersebut Bibit mengatakan, realisasi penyerapan DD tahap ketiga ini memiliki tantangan yang cukup berat bagi pemerintah desa.

Selain terbentur dengan penyusunan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), musim penghujan yang sebentar lagi tiba juga bakal jadi menghambat realisasi pembangunan fisik.

BACA :  Pembangunan Fisik DD ’Pending’

“Peyerapan DD tahap ketiga ini tentunya akan banyak mendapat hambatan. Salah satunya pemerintah desa akan disibukan dengan penyusunan SPJ tahunan, belum lagi musim hujan yang akan menghambat program pembangunan fisik,” kata Bibit kepada Radar Lamsel, di sela Musrenbangdes tersebut.

Bibit menjelaskan, sebelum DD tahap ketiga dicairkan pemerintah desa dapat melakasanakan musrenbangdes. Hal ini dilakukan agar pemerintah desa bisa fokus melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan dari DD tahap ketiga.

“Hingga saat ini baru Desa Sumber Agung yang melaksakan Musrenbangdes. Sedangkan untuk sembilan desa lainnya harus selesai pada akhir Oktober ini,” ucapnya.

BACA :  Lahan Persawahan Sragi Tersisa 2.273 Hektar

Sementara saat disinggung terkait pengajuan pencairan DD tahap ketiga, Bibit menjelaskan sepuluh desa yang ada di Kecamatan Sragi sudah mengajukan pencairan.

“Semua desa sudah mengajukan proposa pencairan ke Dinas PMD. Saat ini tinggal menunggu pencairannya saja,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Desa Sumber Agung, Ali Rohim mengatakan pada Musrenbangdes tersebut, pihaknya memprioritaskan pembangunan balai desa untuk ditahun 2020 mendatang.

“Dari hasil murenbangdes ini pada tahun 2020 mendatang program pembangunan akan kami prioritaskan untuk membangun balai desa,” pungkasnya. (vid)