Musrenbangdes Sumur, Sektor Pembangunan Infrastruktur Masih Mendominasi

36

KETAPANG – Pemerintah Desa Sumur, Kecamatan Ketapang menggelar musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2021, Jumat (25/09/2020).

Musrenbang Desa Sumur yang dilaksanakan di kantor desa setempat itu di hadiri sejumlah kepala unit pelaksana teknis (UPT) di Kecamatan Ketapang dan dibuka langsung Camat Ketapang Madro’i, SE.

Kepala Desa Sumur I Nyoman Prima Wijaya mengatakan, Musrenbangdes dilaksanakan setelah pihaknya menggelar musyawarah dusun (Musdus) untuk menjaring usulan-usulan masyarakat dari tingkat bawah.

“Desa Sumur memiliki 9 dusun. Semua dusun sudah menggelar Musdus untuk menjaring usulan-usulan masyarakat tingkat bawah. Usulan-usulan tingkat dusun itu kembali di saring dan diseleksi dengan skala prioritas. Setelah itu usulan-usulan itu di tetapkan dalam sebuah perencanaan pembangunan di desa dan diajukan ke Pemkab Lampung Selatan melalui musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbangcam),” paparnya.

Sabri, panggilan akrab Nyoman Prima Wijaya menambahkan, sektor pembangunan infrastruktur masih mendominasi usulan masyarakat. “Usulan yang paling mendominasi tetap pembangunan infrastruktur. Selain itu, usulan sektor pertanian, peternakan, kesehatan dan lainnya juga menjadi perhatian masyarakat. Dari usulan-usulan itu kemudian kami tetapkan menjadi skala prioritas untuk rencana pembangunan kedepan,” paparnya.

Sementara itu, Camat Ketapang Madro’i,SE mengatakan, sampai saat ini sudah sekitar 6 desa menggelar Musrenbangdes dari 17 desa di Kecamatan Ketapang.

Dikatakan, Musrenbangdes digelar untuk merumuskan rencana pembangunan satu tahun kedepan dengan memperhatikan usulan-usulan dari masyarakat. “Melalui musrenbangdes pembangunan di desa menjadi terstruktur dan terencana dengan baik dengan mengutamakan skala prioritas,” terang Camat Ketapang ini.

Madro’i menambahkan, pelaksanaan Musrenbangdes selama pandemi Covid-19 ini tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. “Protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 tetap diutamakan. Menggunakan masker dan cuci tangan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Corona,” pungkasnya.(man)