Naik 30 Persen, Lamsel Bakal Terima Rp 210 Miliar

832

Alokasi DD 2017 untuk 256 Desa

KALIANDA – Pemerintah pusat bakal menggelontorkan dana desa (DD) sebesar Rp210 Miliar untuk 256 desa di Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2017 mendatang. Besaran dana itu mengalami peningkatan sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Lamsel Drs. H. Edy Firnandi, M.Si mengungkapkan, pada tahun 2016 ini Lamsel hanya mendapatkan alokasi anggaran DD sebesar Rp160 miliar. Artinya, terdapat peningkatan anggaran sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya.

“Jumlah ini kita ketahui setelah pertemuan seluruh Kepala BPMD se-Indonesia. Kami bersyukur ada peningkatan anggaran DD yang bisa digunakan para aparatur desa untuk melakukan pembangunan desa,”ungkap Edy Firnandi kepada Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Daftar Ulang CPNS Pilih Lokasi SKB

Selain anggaran DD yang mengalami peningkatan, lanjutnya, alokasi dana desa (ADD) yang bakal digelontorkan ke seluruh desa juga mengalami peningkatan. Dari alokasinya yang hanya sebesar Rp58 miliar, tahun 2017 mendatang bakal menjadi Rp106 miliar.

“Harapan kami, anggaran desa yang digelontorkan ini benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa. Sehingga, desanya semakin maju dan berkembang,”imbuhnya.

BACA :  PLN Bangun Gardu Induk Tanpa IMB

Lebih lanjut dia mengatakan, dari anggaran tersebut bisa dipastikan bahwa setiap desa bakal memperoleh anggaran desa minimal Rp1 miliar per desa. Namun, untuk memastikannya pihaknya akan segera melakukan penghitungan berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku.

“Pembagian anggaran desa ini tidak bisa sembarangan. Karena, akan dilihat dari luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah warga miskin dan lain sebagainya. Tetapi, kalau di rata-rata setiap desa bakal menerima DD sekurang-kurangnya Rp800 jutaan untuk tahun depan,”pungkasnya. (idh)