Nanang: Gadaikan Sertifikat Buat Usaha, Bukan untuk Beli Mobil

322

600 Sertifikat PTSL Dibagikan di Musrenbang Candipuro

CANDIPURO – Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyerahkan secara sombolis sertifikat tanah untuk warga di Kecamatan Candipuro yang telah diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung Selatan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

          Sertifikat tanah itu, diserahkan langsung oleh Nanang Ermanto kepada 5 orang perwakilan warga Desa Karya Mulya Sari, saat digelarnya kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Murenbang), di Lapangan Karya Tani, Desa Karya Mulya Sari, Kecamatan Candipuro, Rabu (20/2).

          Diketahui, jumlah warga yang mendapatkan program pendaftaran tanah sistematis lengkap dikecamatan itu adalah sebanyak 600 orang. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPN Lamsel Sismanto, Sekretaris Kabupaten Lamsel Fredy Sukirman, beserta para Kepala OPD ligkup Pemkab Lampung Selatan.

BACA :  Kembali ke Kas Negara

          Pada kesempatan itu Nanang menyampaikan harapannya, agar masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat untuk dapat menjaga, atau dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

          “Sekarangkan sudah punya sertifikat, ya harus dijaga agar tidak hilang atau rusak. Atau juga bisa dimanfaatkan dengan cara digadaikan di Bank. Lalu uangnya dijadikan modal untuk usaha. Jangan pinjam uang di bank dengan agunan sertifikat, tapi hanya untuk membeli mobil,” ujar Nanang Ermanto.

          Nanang menuturkan, sudah bukan rahasia umum lagi, kebanyakan orang jika sudah memegang sertifikat tanah pasti digadaikan di Bank. “Kalau uangnya untuk modal usaha ya itu bagus, jangan hanya buat beli mobil saja. Percuma punya mobil tapi tidak punya usaha, nanti siapa yang mau bayar anggsuran Bank nya, nggak bisa kebayar bulannya, akhirnya rumah kena segel pihak Bank,” terangnya.

BACA :  Satgas Covid-19 Monitoring Kepatuhan Prokes

          Nanang mengatakan, masyarakat sudah sepatutnya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan sertifikat tanah gratis melalui progran PTSL. “Ini merupakan tujuan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat yang adil dan merata,” pungkasnya. (iwn)