Nanang Gagas Kalianda Out Ring-road

875

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tengah serius memoles tampilan Kota Kalianda. Terbaru, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto menggagas pembangunan Kalianda Out Ring-road (KOR).

Nanang mengatakan, lokasi yang dipilih untuk dibangun KOR berada di jalur dua Kalianda tepatnya didepan areal perkantoran DPMPPTSP dan Gor Way Handak.

“ Rencana ini sudah matang, nantinya ringroad bakal dimulai dari titik-titik yang ditetapkan dengan pola membentuk lingkaran ring radial,” kata Nanang kepada Radar Lamsel, Kamis (11/10).

Nanang menuturkan fungsi ringroad sejatinya untuk mengalihkan arus lalulintas terusan dari pusat kota. Dalam gagasannya itu ringroad kata dia akan menampilkan wajah Kalianda yang lebih dinamis.

BACA :  Banyak Resepsi, Pemkab dan Polres Senada

“ KOR nantinya dapat memberikan gambaran secara kasat mata bahwa pembangunan di Kalianda tengah digeber. Setelah pengadaan RTH, pembangunan jembatan sampai pada gagasan KOR ini,” sebut dia.

Masih kata Nanang pihaknya akan melibatkan tim ahli untuk menangani pembangunan KOR. Dalam hal ini Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta untuk detil konsepnya turut melibatkan DPUPR.

“Kita tak menampik bahwa kota-kota besar sudah banyak memiliki ringroad, namun dalam hal ini Kalianda sebagai Kota Kecil mesti juga hidup dengan fasilitas infrastruktur yang mumpuni,” sebut Nanang.

BACA :  Empat Verifikator Buka Suara, Kecuali Titik Sutriningsih

Orang nomor satu di Lamsel ini optimistis geliat pemerintah pusat membangun infrastruktur berskala nasional akan berdampak pula pada daerah-daerah berkembang.

“ Keberadaan JTTS misalnya, kemudian dermaga eksekutif fasilitas semacam itu bakal mengundang pelancong dari berbagai nusantara. Maka Lamsel mesti sudah siap menghadapi perubahan,” sebut dia.

Dalam waktu dekat gagasan Nanang itu bakal segera direalisasikan mengingat, saat ini Pemkab Lamsel tengah disibukan dengan dua pembangunan vital yakni jembatan patriot dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). (ver)