Nanang Geruduk Satker!

1039
Iwan J Sastra – Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto tengah melihat absensi kehadiran pegawai di Kantor Dinas Sosial Lamsel, pada kegiatan sidak, Rabu (29/3) pagi, kemarin.

Cek Komitmen ASN Soal Kedisiplinan

KALIANDA – Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menggeruduk sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Rabu (29/3) kemarin.

Orang nomor dua di Bumi Khagom Mufakat ini diam-diam melakukan pengecekan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemkab Lamsel.

Menurut Nanang, inspeksi mendadak (sidak) tersebut memang sengaja ia lakukan. Tujuannya untuk melihat komitmen para ASN dalam menerapkan kedisiplinan waktu dimasing-masing tempat kerja. Terlebih para pejabat eselon III dan IV yang belum lama ini dilantik.

“Sidak ini bukan untuk pencitraan. Tetapi saya ingin melihat secara jelas komitmen ASN. Kalau ada peningkatan berarti bagus, tapi kalau terjadi penurunan seperti masih ada yang telat masuk kantor, bolos artinya harus dilakukan evaluasi, khususnya bagi para pejabat eselon III dan IV yang baru dilantik,” ujar Nanang Ermanto kepada wartawan disela-sela melakukan sidak di Kantor Dinas Sosial, kemarin.

Pada kesempatan itu, Nanang berpesan kepada masing-masing sekretaris dinas untuk selalu mengingatkan para pegawai di satuan kerjanya agar hadir tepat waktu.

BACA :  SPBU Dapat Teguran Lisan

“Absen ini merupakan salah satu bukti untuk mengetahui mana pegawai yang masuk kerja, ijin ataupun yang membolos. Tingkat kehadiran pegawai ini menjadi bahan penilaian dalam melakukan evaluasi,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemkab tidak menginginkan adanya pegawai di masing-masing satua kerja, khususnya bagi para pejabat eselon III dan IV yang bermain-main dan hanya duduk santai di kantor tanpa melakukan aktifitas sedikitpun saat jam kerja.

“Kemarin sebelum dilakukan pelantikan pada ribut minta segera dilakukan pelantikan. Tapi setelah dilantik malah duduk-duduk santai saja dikantor tanpa ada aktifitas. Untuk apa dilakukan pelantikan kalau sifat malasnya masih ada. Kami berharap para pegawai dilingkup pemkab Lamsel ini melakukan perubahan diri mulai dari sekarang, terlebih yang menyangkut soal kedisiplinan dalam bekerja,” katanya.

Nanang mengaku, akan terus memantau kedisiplinan para pegawai. Dia beharap aparatur sipil negara dapat terus menunjukan kinerja dengan baik.

BACA :  CJH Tunggu Instruksi Kemenkes

“Secara keseluruhan saya menilai tingkat kehadiran pegawai pada hari ini (kemarin, red) masih cukup baik. Meski masih terdapat sejumlah pegawai yang tidak masuk dengan alasan sakit dan melakukan dinas luar. Saya harap tingkat kehadiran pegawai bisa seterusnya dipertahankan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan Radar Lamsel, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang disidak Wabup Nanang adalah Kantor Bappeda, Dispora, Dinas Perikanan, Dinas Sosial dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Berdasarkan data yang diterima Radar Lamsel, para pegawai yang tidak hadir kemarin terdapat di Kantor Bappeda 1 orang dengan keterangan dinas luar (DL), di Dinas Perikanan terdapat 1 orang dengan keterangan izin dan 4 orang dinas luar.

Lalu, di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPH-Bun) 1 orang dengan keterangan izin dan 3 orang dinas luar, dan di Dinas Sosial terdapat 2 orang dengan keterangan izin dan 4 orang dinas luar. (iwn)