Nanang Janji Support Pelaku UMKM

30
Kemas Yogi - Didampingi Kades Negara Ratu Herry Putra (Batik biru), Bupati Lamsel H Nanang Ermanto menghadiri silaturahmi UKM di sentra kerajinan gerabah Desa Negara Ratu, Jumat(18/9).

NATAR – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berjanji akan terus memperhatikan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), bahkan dalam programnya kedepan akan ada stimulus bagi para pelaku UMKM.

Tidak hanya itu, Pemkab Lamsel juga akan membantu secara menyeluruh UMKM yang bergerak dibidang kerajinan mulai dari hulu hinggi hilir, mulai dari pembuatan hingga promosi.

Nanang menilai, UKM ataupun UMKM haruslah didukung penuh agar tetap hidup ditengan pandemi covid 19. “Tadi saya melihat pengrajin gerabah yang terpusat, hasilnya sangat memuaskan. Apasaja ada dari guci, pot bunga, kursi hingga celengan. ini merupakan asset kekayaan Natar khususnya Desa Negara Ratu,” katanya saat menghadiri silaturahmi UKM di Dusun Sidoharjo, Desa Negara Ratu, Jumat (18/9).

Ia menambahkan, kerajinan gerabah tersebut sangatlah potensial untuk meningkatkan sumber PAD desa serta menarik wisatawan untuk mengetahui cara pembuatan kerajinan gerabah.
“Ini merupakan aset yang mampu meningkatkan perekonomian, tinggal bagaimana Pemerintahan Desa bisa memasarkan aset-aset yang ada di Desa Negara Ratu,” ucapnya.

BACA :  Dibuang, Bayi Malang Kebanjiran Hadiah

Dalam kesempatan tersebut Nanang juga memberikan semangat kepada para pelaku UKM dengan menceritakan jalan hidupnya mulai dari anggota Bapan Permusyawaratan Desa (BPD) hingga menjadi Bupati Lampung Selatan.

“Dulu saya menjadi anggota BPD lalu menjadi Kepala Desa (Kades) hingga menjadi anggota DPRD Lampung Selatan, dipilih menjadi Wakil Bupati lalu menjadi Plt. Bupati hingga sekarang menjadi Bupati Definitif. Untuk itu saya meminta kepada para pelaku UMKM harus tetap semangat menjalani profesi, jangan mudah berputus asa karena kita tidak tahu masa yang akan datang. Didik anak-anak kita dengan baik, sehingga mampu menjadai generasi yang cerdas, kuat, handal dan dapat diandalkan”, ungkap Nanang.

BACA :  Gotong Royong Kunci Cegah Stunting

Suami Winarni itu juga menyarankan agar pelaku UKM memanfaatkan tekhnologi internet untuk memasarkan kerajinan gerabah tersebut. “Begitu banyak keuntungan jika pelaku UKM memanfaatkan Internet dengan baik. Para pembeli dapat dengan mudah mengakses barang tanpa harus mengunjungi gerai pelaku UKM, transaksi melalui Banking sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan ekonomi pelaku UKM yang langsung berdampak pada pekerja itu sendiri,” paparnya.

Terakhir, Ia meminta agar Pemerintah desa melakukan pendampingan terhadap pelaku UKM tersebut. “Saya juga meminta kepada Pemerintahan Desa untuk dapat melakukan pendampingan kepada para pelaku UKM. Hasil kerajinan para pelaku UKM dapat dipasarkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), sehingga memudahkan pelaku UKM mejajakan kerajinannya. Dan hal tersebut secara tidak langsung dapat membantu BUMDES untuk terus menjalankan usaha milik desa,” pungkasnya. (Kms)