Nanang Menguat, Popularitas Capai 82,40 Persen

139

Penanganan Bencana Jadi Indikator Kepuasan

BANDAR LAMPUNG – Jelang Pilkada Lamsel 2020 mendatang, nama Plt. Bupati Lamsel H Nanang Ermanto semakin menguat. Bahkan hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Rakata Institute popularitas Nanang mencapai 82,40 persen disusul oleh Eky Setyanto 50,10 persen dan Tony Eka Chandra 43,10 persen.

Survei yang dilakukan sejak 1 hingga 15 Agustus 2019 itu juga menyebutkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Nanang selama menjadi Plt. Bupati Lamsel mencapai 62,20 persen. “Survei ini kami lakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dengan metode sampling dan selama lima hari kami memastikan turun atau tidaknya petugas survei,” ungkap Peneliti Rakata Institute Yuli Harmoko saat merilis hasil survei di D’MC Coffe, Teluk Betung, Kamis (15/8).

BACA :  Pjs. Bupati Lamsel Jabat Ketua DPP IKAPTK Lampung

Ia menambahkan, pihaknya menyebar surveyor diseluruh kecamatan di Kabupaten Lamsel dengan metode random sample untuk mencari responden. “Kami mencari responden juga tidak sembarangan, secara komputerisasi kami acak,” ujarnya.

Harmoko menjelaskan, menguatnya nama Nanang Ermanto juga dipengaruhi oleh kepuasan masyarakat terhadap kinerja mantan Anggota DPRD Lamsel tersebut. “Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Nanang mencapai 62,20 persen sementara yang tidak puas hanya 21,1 persen dan 16,70 persen tidak menjawab. Indikator kepuasan yang paling tinggi adalah penanganan bencana tsunami yang maksimal oleh Pemda Lamsel,” tuturnya.

Kemudian sambung dia, untuk elektabilitas nama Nanang juga paling sering disebutkan oleh masyarakat yakni mencapai 28,10 persen dan Tony Eka 6,60 persen dengan swing voter 40 persen lebih. “Setelah kami survei ke 1.000 titik di lamsel, ternyata responden banyak menjawab masih ingin Nanang menjadi Bupati Lamsel sebanyak 47,2 persen dan yang menginginkan bupati baru hanya 29,7 persen dengan margin of error 3 persen,” paparnya.

BACA :  Syech Ali Jaber Maafkan Penusuknya

Rakata Intitute sambungnya, menyimpulkan hasil survei pertama tersebut jika pemilihan Bupati Lamsel dilakukan saat ini maka H Nanang Ermanto akan menjadi pemenang. “Mangkanya rilis kami hari ini berjudul ‘Petahana Menguat di Lamsel’ karena memang Nanang kami anggap unggul,” ujarnya.

Namun, sambung Yuli masih ada waktu dan peluang bagi bakal calon bupati lainnya seperti Tony Eka Chandra dan Eky Setyanto. “Masih banyak yang belum bergerak, jadi masih banyak kemungkinannya,” pungkas dia. (Kms)