Nanang Paparkan Penanganan Covid-19

115

Monev Tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung di Lamsel

KALIANDA – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan kerja (kunker) Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Irwan Sihar Marpaung, Senin (20/4) kemarin.

 

Kunjungan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung itu dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut anggota Forkopimda Lampung Selatan, Penjabat Sekretaris Daerah, Thamrin beserta Tim Gugus Tugas Covid-19, di Posko Covid-19 yang berada di rumah dinas bupati.

 

Dalam penyampaiannya, Plt Bupati H. Nanang Ermanto melaporkan tindakan atau langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat atau Tim Gugus Tugas Covid-19 terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus korona atau Covid-19.

 

Termasuk data sementara Self Monitoring, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG), maupun pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

 

“Dapat kami laporkan, saat ini Orang Dalam Pemantauan sebanyak 46 orang. Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 2 orang. Orang Tanpa Gejala sebanyak 6 orang. Dan Positif Covid-19 ada 1 orang,” ujar Nanang.

BACA :  Siswa Seskoad Bakal Kaji Keterlibatan Tokoh

 

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, terkait pencegahan Covid-19, Pemkab Lampung Selatan telah melakukan berbagai kegiatan atau aksi sosial. Seperti, pembagian masker, penyemprotan disinfektan dan sanitasi lingkungan dibeberapa wilayah vital yakni, terminal, pasar, fasilitas umum dan wilayah pemukiman masyarakat lainnya.

 

“Langkah-langkah lainnya melaui imbauan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan melaksanakan social distancing atau menjaga jarak dalam melakukan aktifitas sehari-hari diluar rumah. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari kerumunan atau keramaian dalam beraktifitas,” paparnya.

 

Selain itu Nanang menuturkan, pihaknya juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 yakni di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Bob Bazar, SKM Lampung Selatan untuk penanganan masyarakat yang terpapar atau orang yang terjangkit virus Covid-19.

 

“Pemerintah daerah juga telah menyiapkan ruang karantina di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Kementerian PUPR yang berlokasi di area GOR Way Handak Kecamatan Kalianda,” tuturnya.

 

Sedangkan, untuk jaringan pengaman sosial bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, Pemkab Lampung Selatan, juga telah melakukan berbagai upaya seperti memberikan bantuan berupa Program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BACA :  Ganti Nahkoda, Hanura Lamsel Tetap Nanang - Pandu?

 

“Alhamdulillah, kita kemarin dapat tambahan kuota Program Sembako sebanyak 14 ribu Kepala Keluarga. Untuk sisanya yang belum mendapat bantuan dari pemerintah, saat ini masih dalam proses pendataan oleh Dinas Sosial untuk kita berikan Bantuan Langsung Tunai,” kata Nanang.

 

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan Sihar Marpaung mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan merupakan daerah yang dikelilingi daerah zona merah Covid-19. Sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera, perlu penanganan ekstra terkait antisipasi dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan.

 

“Kita tidak tahu sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir. Jadi saya mohon kita dengan keikhlasan hati  bisa mengabdikan diri kepada masyarakat. Khususnya menangani dampak Covid-19,” ujar mantan Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam ini.

 

Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kain sebanyak 1.000 buah kepada Pemkab Lampung Selatan. “Semoga sedikit bantuan ini bisa membawa manfaat yang banyak untuk Lamsel,” pungkasnya. (red)