Negara Ratu Pilih Kadus Pakai Tes

21
ILUSTRASI,

NATAR – Tak sembarang orang bisa menjabat sebagai Kepala Dusun (Kadus) di Desa Negara Ratu Kecamatan Natar. Sebab Pilkadus disana melalui tes tertulis hingga wawancara.

Meski menjadi hak sepenuhnya Kepala Desa (Kades) dalam memilih seorang Kadus, namun Pemerintah Desa Negara Ratu tetap menggelar Pemilihan Kadus dengan metode yang berbeda. Tujuannya demi menghasilkan Kadus yang kompetitif.

Kades Negara Ratu Hery Putra mengatakan, Pilkadus tertulis yang diterapkannya merupakan terobosan baru dimana seorang kadus tidak hanya dituntut cakap dalam persoalan juga harus mumpuni dalam intelijensinya. “Ada puluhan soal yang disodorkan, setelah mengerjakan soal para calon kadus mengikuti tes wawancara,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Rabu (15/1).

BACA :  Aspirasi Guru Honorer Prioritas Komisi IV

Disampaikannya, ada delapan calon kadus yang mengikuti Pilkadus di empat dusun berbeda diantaranya Dusun Negararatu II, Sridadi, Dwi Dharma dan Sidoharjo 1/3. “Hasilnya sudah ada, untuk Dusun Negararatu II terpilih saudara Herwanto atau Iwan Bengkel, kemudian Sridadi Heryanto, Dwidarma M Afrizal Abdullah dan Sidoharjo 1/3 Gutomo,” paparnya.

BACA :  SDN 6 Merak Batin Rampungkan 2 RKB dan 1 Sanitasi

Selain itu, ada tiga dusun yang juga menggelar Pilkadus namun calonnya tunggal diantaranya Dusun Negararatu I, Sukabandung dan Sidoharjo 1/2. “Untuk calon tunggal secara otomatis akan dilantik menjadi kadus,” katanya.

Hery menambahkan, dengan tes tertulis dan wawancara maka dia meyakini kompetensi seorang kadus di Desa Negara Ratu tidak perlu diragukan. “Saya harap kadus-kadus yang terpilih ini bisa membawa dusunnya lebih baik lagi,” pungkasnya. (kms)

BAGIKAN