New Normal Tetap Pantau Kesehatan

49
Rifky - Petugas gizi PRI Tanjung Bintang dan bidan desa saat melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil, Rabu (24/6).

TANJUNG BINTANG – Adanya larangan berkerumun ditengah pandemi Covid-19, petugas Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Bintang lakukan pemeriksaan bagi ibu hamil dan balita secara door to door.

 

Dalam melakukan pemeriksaan tersebut, petugas PRI Tanjung Bintang nampak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan menerapkan protokol kesehatan.

 

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (KUPT) PRI Tanjung Bintang Darmawan, SKM., M.Kes mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar kesehatan pada ibu dan anak dapat terpantau dengan baik serta mencegah adanya gizi buruk.

 

“Kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan program yang lain, jadi ada kesehatan ibu dan anak oleh bidan desa juga konseling gizi oleh petugas gizi. Itu yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak,” Ucapnya kepada Radar Lamsel saat meninjau salahsatu ibu hamil di Desa Jati Indah, Rabu (24/6).

BACA :  Pakem Gelar Pelatihan Pamsimas

 

Lanjut, Darmawan menjelaskan jika beberapa bulan lalu semenjak adanya pandemi Covid-19 kegiatan di lapangan sempat ditiadakan. Namun, dengan adanya new normal petugas PRI tersebut kembali melakukan aktifitas di lapangan namun tetap mengutarakan protokol kesehatan.

 

“Berapa bulan ini sejak pandemi Covid-19 kita tidak turun ke lapangan. Sekarang sudah adanya new normal kita memulai aktifitas lagi tetapi menggunakan protokol kesehatan,” Pungkasnya.

BACA :  60 Desa Dapat Lampu Penerang Jalan

 

Masih kata Darmawan dirinya menambahkan untuk saat ini di wilayah PRI tersebut belum ditemukan adanya gizi buruk. Oleh sebab itu, kesehatan bagi ibu hamil dan balita terus dipantau.

 

“Gizi buruk tidak ada, tetapi gizi kurang. Kalau dibiarkan nanti lari ke gizi buruk, makanya kita pantau. Jadi petugas ini lebih banyak memberikan edukasi di luar gedung karena tidak bisa dikumpul-kumpulkan. Posyandu juga saya lihat sudah menerapkan protokol kesehatan, physical distancing nya juga sudah berjalan,” Imbuhnya.(cw1)