OPM Bakal Tekan Harga Daging Sapi Hingga Rp80-Rp90 Ribu

743
Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum berdialog dengan pedagang daging saat melakukan inspeski mendadak (sidak) di Pasar Inpres Kalianda untuk mengetahui harga senmbilan bahan pokok (sembako) pada bulan Ramadhan 1437 H, Selasa (7/6)

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Peternakan (Disnak) memastikan harga daging sapi yang akan dijual dalam kegiatan operasi pasar murah (OPM) dibawah Rp100 ribu per kilogramnya.
Kepastian tersebut disampaikan Kepala Disnak Lamsel Ir. Cecep Khoirudin kepada Radar Lamsel di kantornya, Rabu (8/6) kemarin.
Pihaknya akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan perusahaan penggemukan sapi yang ada di Kabupaten Khagom Mufakat ini. Itu dilakukan untuk mendukung kegiatan OPM yang dicanangkan oleh Pemkab Lamsel dalam menghadapi Bulan Ramadhan 1437 Hijriah.
“Yang pasti, kita meminta para pengusaha untuk menjual harga kandang. Kisarannya antara Rp80-Rp90 ribu per kilogram. Harga segitu perusahaan sudah mendapatkan keuntungan,”ujar Cecep, kemarin.
Harga tersebut, imbuhnya, akan diberlakukan untuk OPM di lima lokasi yang telah dijadwalkan dalam kegiatan tersebut. Yang rencananya akan dimulai pada tanggal 13 Juni, di wilayah Kecamatan Kalianda. “Jadi, harga dibawah rata-rata itu untuk kebutuhan OPM saja,”imbuhnya.
Lebih lanjut mantan Kepala DKP Lamsel ini mengatakan, pihaknya akan memberikan stok daging sapi di setiap lokasi OPM 100-150 kilogram. Karena, dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh para pedagang daging sapi apabila disediakan dalam jumlah yang besar.
“Kami rasa jumlah segitu sangat mencukupi. Karena, untuk telur ras kami menyediakan dengan jumlah banyak antara 1-2 ton dengan harga antara Rp17-Rp18 ribu per kilogram,”pungkasnya.
Sebelumnya, Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan tetap akan menggelar OPM meskipun hasil sidak pasar banyak harga sembako yang relatif stabil. Dia juga memastikan bahwa harga daging sapi akan dijual dibawah harga pasar. (idh)

BACA :  Pilih Sekda Jangan Asal Dekat!