Optimalkan DD Tahap Kedua

521

Desa Balinuraga Wujudkan BUMDes serta Jalan Beton

WAYPANJI – Pemerintah Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji, terus mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2018 dengan mewujudkan pembangunan infrastruktur.

Itu ditandai dengan peletakan batu pertama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga peningkatan jalan dari onderlagh menjadi cor beton di dua titik.

 

 

Peletakan batu pertama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilakukan oleh aparat desa dan pemerintah kecamatan Way Panji.

Kepala Desa Balinuraga Made Santre mengatakan pembangunan BUMDes dilakukan jajarannya pada DD tahap kedua. Peletakan batu pertama yang dihadiri Forkopimcam Way Panji itu dibangun tepat diarea balai desa.

 

Uspika Kecamatan Way Panji saat monitoring peningkatan jalan onderlagh menjadi cor beton.

 

 

Warga bersama Uspika Way Panji sesaat sebelum pengerjaan jalan beton dilaksanakan.

“BUMDes kami bangun diareal balai desa, selain itu ada pula peningkatan jalan onderlagh menjadi rigid beton yang menjadi penghubung antar dusun,” kata Santre sapaan Made Santer kepada Radar Lamsel, Sabtu (26/8) lalu.

Santre memaparkan dalam realisasi DD tahap kedua ini, masyarakat turut terlibat didalamnya. Itu kata dia tak lepas dari definisi padat karya yang dicanangkan pemerintah pusat.

BACA :  Jadikan Lomba Desa Sebagai Pelecut Semangat

“ Dengan DD kami juga memperhatikan bagaimana membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa. Otomatis padat karya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan keterlibatannya dalam pembangunan,” ujar orang nomor satu di Balinuraga itu.

Keberadaan BUMDes diharapkan mampu mengenai sasaran pemberdayaan ekonomi warga kelak. Santre menegaskan satu dari sekian instrumen penting di desa adalah kehadiran BUMDes.

“ Tujuan utama BUMDes adalah membuka lapangan pekerjaan dan menanggulangi kemiskinan di desa. Disisi lain program jangka panjang BUMDes juga kami harapkan mampu menggali potensi yang ada di desa, begitu,” ungkapnya.

Apa yang telah direalisasikan Desa Balinuraga sejalan dengan perubahan kebijakan dari Kementerian Desa, dalam artian bagaiaman desa berupaya mengentaskan kemiskinan dan fokus utamanya tidak hanya infrastruktur semata.

Gandeng Pemkab Latih Kader PKK

Selain fokus pada pembangunan infrastruktur, Desa Balinuraga juga tak lupa melatih kader tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Peserta Pelatihan Kader PKK saat foto bersama pengurus TP PKK Lamsel di balai Desa Balinuraga

BACA :  Kebakaran Hanguskan Satu Rumah Di Way Panji

Tak tanggung-tanggung, dalam pelatihan kader PKK, pemerintah Desa Balinuraga juga menggandeng TP PKK Lamsel yang dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Lamsel Winarni Nanang Ermanto.

“ Kami meyakini optimalisasi Dana Desa tak sebatas infrastruktur semata, lebih dari itu perlu adanya pembinaan bagi sumberdaya manuasia (Sdm) salah satunya dikemas dalam bentuk pelatihan keder PKK Desa Balinuraga,” kata Made Santre.

Pengurus PKK desa bersama Ketua TP PKK Lamsel Winarni Nanang Ermanto usai pelatihan kader PKK.

Camat Way Panji Isro Abdi menuturkan, desa-desa yang ada di Way Panji mesti aktif dan terbuka dalam pengelolaan dana desa. Ia juga menyoroti keaktifan desa dalam realisasi DD tahap kedua 2018 ini.

“ Fisik dan non fisik semua mesti berimbang, Desa Balinuraga sudah menunjukan keseimbangannya dalam penerapan pada sasaran DD yang sebenarnya. Kami sebagai pemerintah kecamatan menghimbau agar desa lain juga aktif membeberkan program serta capaian yang telah direalisasikan. Jangan pasif,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN