P4S Kenalkan Pekerjaan Petani Kepada Pelajar

104
David Zulkarnain – Kegiatan menanam padi bersama Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama pelajar di Desa Suka Pura, Kecamatan Sragi, Senin (3/8). Kegiatan yang dilaksanakan P4S ini sebagai upaya mengenalkan pekerjaan petani kepada kaum muda.

SRAGI – Meski negara kita dicap sebagai negara agraris, namun memiliki pekerjaan sebagai petani belum diminati oleh para kaum milenial.

Minimnya minat pemuda terjun untuk memiliki pekerjaan sebagai seorang petani ini juga menghentikan regenerasi petani. Belum lagi dampak lain semakin berkurangnya lahan pertanian karena terjual oleh generasi penerus petani itu sendiri.

Padahal pekerjaan sebagai seorang petani usaha yang menjanjikan dan menguntunkan, jika bisa dikelola dengan baik.

Semakin berkurangnya minat kaum muda terjun di sektor pertanian ini juga terus diatasi oleh pemerintah, termasuk di Kabupaten Lampung Selatan.

Penanaman padi Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermato dan pelajar yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kecamatan Sragi, di Desa Suka Pura Senin (3/8) kemarin menjadi bukti bahwa pemerintah serius memperkenalkan sektor pertanian sejak anak usia dini.

BACA :  Petambak Swadaya Normalisasi Parit

Kepala P4S Kecamatan Sragi Gando Swarno mengatakan, pengenalan sektor pertanian kepada generasi muda ini merupakan program pemerintah agar pekerjaan menjadi petani memiliki daya tarik di mata kaum milenial.

“Program Tani Balita ini merupakan upaya mengenalkan pertanian kepada anak sejak usia dini hingga remaja. Tujuannya agar regenerasi petani di Kecamatan Sragi ini bisa terus berjalan,” ujar Gando Swarno di sela kegiatan penanaman padi bersama itu.

Gando menjelaskan, sebagai pusat pelatihan saat ini P4S akan terus mengenalkan pekerjaan sebagai seorang petani kepada anak usia dini hingga remaja. Mulai dari penanaman hingga panen padi.

“Pekerjaan petani ini kita perkenalkan kepada petani. Mulai dari penanamannya hingga proses panennya kita ajak pelajar paud, seperti dalam kegiatan ini,” terangnya.

BACA :  Ayam Bantuan Mati, Diganti Ayam Pilek

Sementara itu Bupat Lampung Selatan H. Nanang Ermato memberikan apresiasi kepada P4S yang sudah berupa memperkenalkan pekerjaan seorang petani kepada kaum melinial.

“Sebagai pusat pelatihan pertanian P4S harus bisa memperkenalkan pertanian kepada kaum melinial dan menjadi tempat belajar mereka untuk mendapatkan keahlian dibidang pertanian,” kata nanang usai penanaman bersama itu.

Mengenalkan sektor pertanian kepada pelajar ini dinilai penting utuk meregenarasi petani di Lampung Selatan. Apalagi pekerjaan petani merupakan usaha yang menjanjikan.

“Harapan kita dengan adanya program pengenalan ini menarik para milenial, petani ini memiliki generasi penerus. Apalagi pekerjaan petani merupakan usaha yang menjanjikan,” harapnya. (vid)