PA Bakal Luncurkan Program SILARA

724
Ketua PA Kalianda Dra. Sartini, SH., MH.

KALIANDA – Pengadilan Agama (PA) Kalianda bakal meluncurkan program berbasis android yang disebut dengan sistem informasi layanan perkara (SILARA) sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan publik kepada masyarakan.

Rencananya, program tersebut bakal diluncurkan serentak se-Indonesia mulai Bulan Maret 2017 mendatang. Itu terungkap saat rapat kerja (raker) PA Kalianda yang digelar di ruang sidang utama PA Kalianda, kemarin.

Menurut Ketua PA Kalianda Dra. Sartini, SH., MH., peluncuran program SILARA merupakan program pusat yang mengikuti perkembangan tekhnologi. Sehingga, dapat mempermudah pengaju perkara dalam mengetahui jadwal persidangan hingga pengambilan panjer usai persidangan.

BACA :  PPK-PPS Nonaktif, Nasib Pilkada Tunggu Arahan!

“Aplikasi ini nanti bisa diunduh melalui smartphone android. Karena, kita ketahui jangkauan masyarakat cukup luas. Agar, mereka tidak perlu langsung datang untuk mengetahui jadwal sidang. Cukup mengecek melalui smartphone androidnya,”ujar Sartini saat diwawancarai usai raker, kemarin.

Dia menambahkan, tekhnis pengoperasian SILARA dapat dilakukan langsung oleh pengaju perkara. Setiap pengaju perkara, akan memperoleh barcode khusus nomor perkara mereka.

“Untuk saat ini, kami masih mengaktifkan program sms center yang peruntukannya sama dengan program SILARA. Namon, program SILARA ini lebih spesifik lagi dan lebih mendetail,”imbuhnya.

BACA :  Perangi Corona Awasi Dananya!

Lebih lanjut dia mengatakan, raker yang digelar rutin tahunan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik. Termasuk, melakukan evaluasi kinerja selama satu tahun kebelakang.

“Kita ingin meningkatkan kualitas PA Kalianda menjadi lebih moders, bermanfaat dan agung. Apa yang menjadi kelemahan, akan kita perbaiki demi terwujudnya pelayanan publik yang baik dan benar,”pungkasnya. (idh)