Palas Bersiap Panen Raya

520

PALAS – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sragi Jaya Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas akan mengelar penen raya padi, Jumat (2/11).

Panen raya tersebut bakal dihadiri Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Anggota DPR RI Komisi IV Sudin, S.E, Inspektur Jendral Kementerian Pertanian  Ridwan Siahaan, serta mengungdang 1.750 petani dari Lampung Selatan.

Ketua Gapoktan Sragi Jaya Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya masih disibukan persiapan untuk mesuksekan acara pananen raya tersebut. “Saat ini masih persiapan lokasi, panggung, dan jembatan. Panen raya ini adalah bentuk rasa syukur petani meski banyak kendala saat musim gadu namun bisa panen,” kata Iskandar kepada Radar Lamsel, Rabu (31/10).

BACA :  21 Kades di Palas Non Reaktif Covid-19

Kepala Unit Pelaksan Teknis (UPT) Penyuluh Pertanian Kecamatan Palas Agus Santosa menerangkan, pada panen raya kali ini seluas 2.000 hektar tanaman padi yang akan dipanen. “2.000 hektar hamparan tanaman padi yang akan di penen rayakan,” ujarnya.

Pada musim gadu tahun ini, angka keberhasilan petani cukup tinggi. Agus menjelaskan, dari 7.200 hektar lahan padi  hanya terdapat 2,5 hektar atau 0,03 persen yang mengalami gagal penen.

Selain itu, Agus menuturkan, ada empat desa, antara lain Desa Tanjungjaya, Bumidaya, Kalirejo, dan Rejomulyo yang sudah melakukan penen lebih awal hanya hanya mengalami penurunan jumlah produksi 1 ton, namun petani masih terbantu dengan harga gabah yang cukup tinggi.

BACA :  Daya Tahan Tubuh Masuk RPP Paud

“Pada musim gadu tahun ini petani berhasil panen. Ini adalah bukti keberhasilan pemerintah dalam memberikan bantuan untuk mengatasi kendala dimusim kemarau,” terangnnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lampung Selatan Mugiyono menuturkan, dalam acara penen raya tersebut tidak ada pembagian alat dan mesin pertanian.

“Saat ini masih mempersiapkan lokasi. Untuk panen raya kali tidak ada pembagian alsintan,” tuturnya saat melakukan pemantauan lokasi. (vid)