Palas Pilot Project Kartu Petani Berjaya

43
Ilustrasi

PALAS – Lima desa di wilayah Kecamatan Palas ditetapkan menjadi pilot projek program Kartu Petani Berjaya (KPB) di Lampung Selatan.

Ke lima desa tersebut yaitu Desa Bumidaya, Bumi Asih, Bumi Restu, Pulau Jaya, dan Desa Pulau tengah. Dengan capai lahan persawahan seluas 1.531 hektar.

Hal tersebut diugkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Penyuluh Pertanian Kecamatan Palas, Agus Santosa. Dimana pada tahun peluncuran program Kartu Petani Barjaya, Kecamatan lelah ditetapkan sebagai pilot projek  untuk wilyah Kabupaten Lampung Selatan.

“Kecamatan Palas ditetapkan sebagai pilot projek di Lampug Selatan program KPB. Dimana pada tahun ini kecamatan palas mendapatkan kuota luas lahan 1.531 hektar,” ujar Agus memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat ditemui diruang kerjanya Kamis (9/7).

BACA :  Dua Kali Panen, Harga Jagung tak Juga Naik

Agus menjelaskan, lahan seluas sekitar 1.531 hektar tersebut tersebar di lima desa yaitu desa, Bumidaya, Bumi Asih, Bumi Restu, Pulau Jaya, dan Pulau Tengah dengan 1.355 petani yang ditetapkan sebagai anggota Kartu Petani Berjaya.

“Total yang masuk dalam pilot projek KPB ini sebanyak 58 kelompok tani dengan 1.355 petani yang ada di lima desa  di wilayah Kecamatan Palas,” tutur Agus.

Agus mengungkapkan, selain mendapatkan kemudahan askes dalam mengelola petanian, seperti penggarapan lahan, pupuk bersusidi, hingga penjualan hasil panen.  Pada tahun ini anggota Kartu Petani Berjaya ini juga mendapatkan premi Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) gratis.

BACA :  Jalan Poros Pematang Baru Dikeluhkan

“Lahan yang menjadi pilot projek ini akan menjadi percontohan pengelolaan dengan sistem pertanian yang berbeda. Salah satunya penggarapan lahan yang serentak dan juga di tahun ini anggota KPB juga mendapatkan asuransi AUTP gratis,” terangnya.

Agus berharap, dengan adanya program KPB ini sitem pertanian di Kecamatan Palas akan menjadi lebih maju, dan menjadi contoh untuk di Lampung Selatan.

“Harapan kita KPB ini akan berjalan dengan baik, sehingga bisa menjadi contoh di Kabupaten Lampung Selatan. Dengan begitu di tahun berikutnya anggota KPB ini akan terus diperluas,” harapnya. (vid)