Pandemi Covid-19 Masih Mewabah, Disdikbud Terapkan Pembelajaran Daring

40
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Pengawas Pendidikan Kabupaten Pesawaran melakui koordinator Kecamatan Gedongtataan mengubah strategi pembelajaran dengan melakukan supervisi guna menjaga kualitas pendidikan di tengah pandemi Covid-19.
Ketua Pengawas Pendidikan Kecamatan Gedongtataan Sholihah mengatakan, untuk tetap menjaga kualitas pendidikan di tengah pandemi Covid-19, sudah dilakukan supervisi melalui pembelajaran daring.
“Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah, kita sudah mulai melakukan supervisi dari tanggal 12 Oktober kemarin untuk pembelajaran dirumah caranya akan di onlinekan semua melalui akses internet,” ujar Sholihah, Rabu (21/10).
Menurut Sholihah, pembelajaran jarak jauh bisa menggunakan berbagai cara seperti memanfaatkan daring, yaitu Google Classroom, Zoom, WhatsApp Group (WAG), dan lainnya.
“Kita bisa memanfaatkan daring ini melalui aplikasi Google Classroom, Zoom, dan WhatsApp Group (WAG) untuk pengawas, kepala sekolah, guru, hingga siswa,” ucapnya.
Sholihah menambahkan, selain daring, sekolah di Kecamatan Gedongtataan juga menggunakan luring untuk peserta didik yang tidak memungkinkan belajar secara online. Misalnya dengan mengunjungi peserta didik di rumah atau dengan membuat posko pengumpulan tugas.
“Kalau ada yang tidak memungkinkan belajar secara daring karena terkendala akses internet kita juga menggunakan luring untuk peserta didik dengan mengunjungi salah satu rumah siswa dan membuat posko pengumpulan tugas yang diberikan oleh sekolah,” paparnya.
Sementara, Koordinator Kecamatan Gedongtataan, Ernalina mengatakan proses supervisi yang dilakukan pengawas harus disesuaikan dengan pola pembelajaran jarak jauh.
“Proses supervisi yang dilakukan pengawas harus menyesuaikan dengan pola pembelajaran jarak jauh. Model supervisi harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi dalam pembelajaran, seperti pola dan pendekatan, strategi dan metode, alat atau perangkat yang digunakan, pengelolaan lingkungan belajar dan penilaian yang dilakukan,” ujar Ernalina.
Selain itu, Ernalina mengatakan untuk menunjang semua program kementerian pendidikan, koordinator Kecamatan Gedongtataan akan memfasilitasi agar mencapai keberhasilan pembelajaran dan menjaga kualitas pendidikan di Kabupaten Pesawaran.
“Yang pasti kami akan memfasilitasi itu semua, berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten pesawaran agar pembelajaran ini mencapai keberhasilan dan dapat terjaga kualitas pendidikan di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (eggy/esn)
BACA :  Pemkab Pesawaran Usulkan 255 Formasi PPPK dan 169 CPNS