Panwaslu Palas Gelar Bimtek Siwaslu

370
David Zulkarnain – Ketua Panwaslu Kecamatan Palas, M Sobari sedang memberikan pemaparan teknis pengoprasian aplikasi Siwalu kepada PTPS kecamatan setempat, Selasa (9/4)

PALAS – Guna memaksimalkan pengawasan proses berjalannya Pemilu pada 17 April mendatang, Panwaslu Kecamatan Palas menggelar bimbingan teknis aplikasi sistem pengawasan pemilu (Siwaslu) kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Selasa (9/4).

          Bimbingan teknis sistem pengawasan pemilu atau siwaslu yang dilaksanakan diaula Way Pisang Kantor Kecamatan Palas itu diikuti sebanyak 184 PTPS.

          Ketua Panwaslu Kecamatan Palas M. Sobari mengatakan, bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada PTPS terkait penggunaan aplikasi Siwaslu dalam melakukan pengawasan berjalannya pemilu.

BACA :  Warga Curiga BPN Culas

          “Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada PTPS terkait pengoperasian aplikasi Siwaslu dalam melakukan pengawasan pemilu,” kata Sobari.

          Sobari menerangkan, pengawasan menggunakan aplikasi Siwaslu ini akan dimulai sejak tanggal 14 – 17 April mendatang. Mulai dari pengawasan hari tenang, persiapan TPS, hingga pemungutan dan penghitungan suara.

          “PTPS wajib memilik aplikasi ini. Pengawasan melalui aplikasi berbasis android ini akan dimulai pada 14 April, mulai dari pengawasan hari tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara akan dilaporkan melalui aplikasi ini,” ujarnya.

BACA :  Ternak Babi Off Pasca Serangan ASF

          Dengan adanya bimbingan teknis aplikasi Siwaslu ini, Sobri mengaharapkan kepada seluruh PTPS dapat lebih optimal dalam memberikan data dan laporan terkait proses berjalannya pemilu.

          “Harapan kami dengan adanya bimtek,  PTPS  dapat memahami pengoprasian aplikasi ini. Sehingga dalam memebirkan data dan informasi proses pemilu akan lebih optimal,” harapnya. (vid)