Pasang Tegangan Menengah, Supaya Blackout Tak Sampai 3Jam

80
Shofyan Apriyansyah – Petugas Subkon PLN Rayon Tanjungkarang, melakukan instalasi jaringan tegangan menegah di Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Selasa (15/10).

CANDIPURO – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tanjung Karang melalui petugas Sub Kontraktor (Subkon), melakukan pemasang tiang dan penyambungan instalasi jaringan listrik tegangan menengah di Kecamatan Sidomulyo, Katibung dan Candipuro di 57 titik, Selasa (15/10).

Hal itu bertujuan untuk menopang jaringan gardu induk ketika ada gangguan jaringan. Sehingga pemadam listrik diharapkan tidak lebih dari tiga jam sebagai bentuk perhatian PLN terhadap Konsumen.

Pekerja pemasang tiang dan instalasi jaringan listrik Eko (35) mengatakan, 57 titik tiang dan penyambungan jaringan listrik di tiga Kecamatan yakni, Katibung, Candipuro dan Sidomulyo sudah terpasang.

“ Alhamdulilah, empat hari bekerja bersama tim, sampai hari ini sudah 57 tiang listrik yang sudah tertanam. Kemudian, hari ini kami fokus dipemasngan instalasi jaringan listrik,” kata Eko.

Jika tidak terkendala lanjutnya, penyambungan kabel listrik diterget lusa sudah terpasang.

“ Jika tidak terkendala pekerjaan penyambungan kabel jaringan listrik tegangan menenengah ini selesai,” harapnya.

Ia menjelaskan, pemasangan jaringan listrik tegangan menengah itu bertujuan untuk menopang pasokan listrik pada gardu induk ketika jaringan bermasalah.

“ Ketika terjadi gangguan listrik di gardu induk terdekat, jaringan penyulang akan menopang gardu induk untuk sementara, sehingga tidak terjadi pemadaman listrik yang lama dikarenakan ada perbaikan jaringan oleh petugas,” ungkap Eko.

Petugas Subkon pemasangan tiang dan jaringan listrik Lukman (30), mengatakan, pemasangan jaringan listrik tegangan menengah itu sebagai bentuk service pelayanan terhadap konsumen.

“ Ini bentuk pelayanan terhadap konsumen dari PLN,” kata Lukaman.

Namun, sebelum pemasangan dilakukan, terlebih dahulu setiap wilayah Rayon PLN yang ada menyampaikan usulan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tanjugkarang.

“ Pemasangan jaringan penyulang dilakukan setelah dapat rekomenadsi dari Rayon PLN di setiap wilayah,” pungkasnya.(CW2)