Pasien Covid Asal Sukaraja Dinyatakan Sembuh

163
Ist.Radarlamsel – Petugas medis Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas mengantar kepulangan pasien Covid-19 asal Desa Sukaraja yang telah dinyatakan sembuh, Minggu (14/6).

PALAS – Pasien Covid-19, N (36) asal Desa Sukaraja, Kecamatan Palas akhirnya dinyatakan sembuh oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung Selatan.

N yang sudah menjalani isolasi lebih dari 14 hari itu telah bebas dari virus corona, dan siap untuk kembali ke dalam lingkungan sosial masyarakat. Dukungan keluarga dan masyarakat sangat diperlukan dalam fase ini, agar N bisa kembali ke dunia sosial tanpa beban moral.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Sragi, Romseli. N yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 30 Mei itu dinyatakan sembuh setelah menjalani tes swab untuk yang kedau kalinya, pada 8 Juni pekan kemarin.

“Uji swab yang dilakukan pada 8 Juni kemarin hasilnya sudah keluar. N sudah negatif Covid-19 dan dinyatakan sembuh,” ujar Rosmeli memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, melalui sambungan telepon, Minggu (14/6) kemarin.

BACA :  Puskesmas Palas Bangun IPAL

Rosmeli menuturkan, N yang sudah sembuh dari Covid-19 kini sudah kembali ke kediamannya di Dusun I, Desa Sukaraja. Dan siap kembali kedalam lingkungan sosial setelah menjalani isolasi selama lebih dari 14 hari.

“N sudah kami jemput dari rumah sakit  Bob Bazar. Setelah menjalani islolasi lebih dari dua pekan N sekarang sudah diizinkan untuk kembali dalam dunia sosial. Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalah hal ini agar N bisa kembali dalam aktivitasnya tanpa beban moral,” tutur Romeli.

Dukungan dari masyarakat dinilai penting diberikan kepada N. Sebab, selama menjalani proses penyembuhan tentu saja N mendapat beban moral, karena menjadi virus Covid-19 yang diderita menjadi momok bagi masyarakat dilingkungan sekitarnya.

BACA :  Sambut Bulan Maharam dengan Beragam Perlombaan

“Pemerintah desa dan masyarakat juga harus bisa memberikan dukungan moran kepada N, agar ia bisa kembali bermasyarakat. Jangan ada yang mengucilkan, karena yang kita takutkan adalah virusnya, dan sekaran N sudah sembuh dari virus Covid-19,” terangnya.

Kesembuhan pasien Covid-19 itu juga diamini oleh Kepala Desa Palas Jaya, Sinarti. Ia mengaku, pihaknya juga telah menerima surat hasil uji swab yang dijalani wargannya itu.

Sinarti berharap masyarakat Desa Sukaraja, khususnya yang berada di lingkungan pasien bisa meberikan dukungan kepada N agar bisa kembali bermasyarakat.

“Alhamdulillah N sekarang sudah sembuh. Saat ini pemerintah desa juga akan memberikan dukungan moral agar N bisa kembali bermasyarakat, namun tetap mengikuti protokol kesehatan,” pungkasnya. (vid)