Pastikan Pelebaran Ring Road Rajabasa Awal Juni 2018

476

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memastikan rencana pelebaran jalan lingkar (ring road) gunung Rajabasa wilayah kawasan pesisir Kecamatan Kalianda-Rajabasa sudah bisa terealisasi dibulan Juni 2018 mendatang.

Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan mengatakan, meski Pemkab Lamsel belum menerima surat balasan dari Pemerintah Provinsi Lampung terkait rencana pelebaran jalan pesisir Kalianda-Rajabasa yang diusulkan oleh Pemkab Lamsel, namun dirinya optimis rencana pelebaran jalan tersebut bakal terealisasi di tahun ini.

“Jangan khawatir, pelebaran jalan pasti akan terealiasi di tahun ini.  Sebab, selain sudah mengajukan surat permohonan, saya juga sudah melakukan upaya pendekatan dengan pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo,” ujar Zainudin kepada Radar Lamsel saat di wawancarai usai melaksanakan Sholat Dzuhur di Masjid Kubah Intan Kalianda, belum lama ini.

Zainudin menjelaskan, untuk proses pelebaran jalan lingkar Gunung Rajabasa tersebut akan dilakukan secara bertahap yang dimulai dari titik Nol yakni dari jalan pertigaan Pasar Bawah Kalianda sampai dengan wilayah Desa Maja sepanjang 1,3 kilometer.

BACA :  Pra Peradilan Sariyanti Ditolak!

“Tahap awal yang dilebarkan adalah wilayah Kalianda Bawah sampai dengan Desa Maja. Karena baru di dua wilayah tersebut yang sisi jalannya sudah memiliki badan jalan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pelebaran jalan lingkar Gunung Rajabasa ini dilakukan sebagai bukti dari janji yang pernah diucapkan pada saat dirinya berkampanye dalam Pilkada tahun 2015 lalu yang berkomitmen akan membangun seluruh jalan dikabupaten Lampung Selatan

“Ini (pelebaran jalan, red) sebagai bukti dari sebuah komitmen yang pernah terucap saat-saat Pilkada kemarin. Sama halnya dengan pemberian beras gratis yang sebentar lagi siap untuk direalisasikan kepada masyarakat Lampung Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Ekobang Setkab Lamsel Ir. Mulyadi Saleh menuturkan, pelebaran jalan lingkar gunung rajabasa akan dilaksanakan Pemkab Lamsel secara menyeluruh sepanjang 30 Kilometer melalui sistem bertahap. “Dilakukannya secara bertahap, karena selain melihat anggaran yang dimiliki Pemkab, rencana pelabaran jalan ini juga membutuhkan kerjasama dan dukungan dari masyarakat yang ada diwilayah pesisir  Rajabasa yang lahannya terkena dampak dari pelabaran jalan,” terangnya.

BACA :  Pesta Demokrasi Bak Pemilu Sukses Digelar Warga Veteran Atas

Dikatakannya, pemkab telah menyediakan anggran untuk membiayai pelebaran jalan tahap awal yang dimulai dari wilayah perempatan jalan pasar bawah Kalianda hingga Desa Maja sekitar 1,5 milyar. Menurutnya, pelebaran jalan ini baru bisa dilaksanakan setelah adanya proses tender yang dilakukan oleh panitia tender.

Ya akan ditenderkan terelebih dahulu. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana proses pembangunan untuk pelebaran jalan lingkar gunung rajabasa ini sudah bisa direalisasikan pada bulan Juni mendatang,” pungkasnya. (iwn)