PDAM Uji Coba Air Ngalir 24 Jam

720
ILUSTRASI

KALIANDA – PDAM Tirtajasa Kalianda dalam waktu dekat bakal melakukan uji coba layanan 24 jam bagi para pelanggan, khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Itu dilakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih yang dibutuhkan masyarakat.
Direktur PDAM Tirtajasa Kalianda Muhammad Taufik mengungkapkan, pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal yang mendukung untuk melakukan uji coba tersebut. Mulai dari kekuatan kapasitas mesin pompa air, listrik serta jalur-jalur pipa air yang menghantarkan air sampai ke rumah pelanggan.
“Ya, sekarang ini kami terus melakukan persiapan. Kami tengah mengajukan program untuk pembaharuan mesin pompa yang tahan hidu 24 jam. Termasuk daya listrik yang menopang itu. Supaya, uji coba ini bisa maksimal,”ungkap M. Taufik dikantornya, kemarin.
Selain itu, pihaknya juga telah melakukan survey di dua mata air baru di wilayah Kecamatan Rajabasa. Itu untuk memastikan stok air bersih yang bakal didistribusikan selama 24 jam bisa tercukupi.
“Ada dua mata air bersih baru yang kita temukan. Semuanya di Kecamatan Rajabasa. Yakni, air terjun Canti dan aliran sungai Way Kandangan yang tidak jauh dari Desa Canti,”imbuhnya.
Lebih jauh dia mengatakan, persiapan lain yang bakal dilakukan adalah dengan merubah jalur distribusi air dari jalur yang lama. Sebab, jalur lama pipa yang ada saat ini kebanyakan berada di bawah badan jalan yang dilalui kendaraan.
“Debit air yang kita miliki saat ini 20 liter per detik untuk kebutuhan 3.000 pelanggan. Untuk menyala 24 jam, kita butuh debit air 40 liter per detik selama 24 jam. Permasalahan ini bisa selesai karena ada sumber air yang baru. Untuk jalur akan kita buat jalur baru. Dengan konstruksi yang lebih baik dan aman dari kebocoran. Mudah-mudahan, tahun ini bisa selesai,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Gaji Guru Honor Bisa Naik Tapi Tak Seragam
BAGIKAN