Pelabuhan Dermaga Canti Mulai Dibangun

1024

RAJABASA – Perlahan tapi pasti pembangunan pelabuhan demaga Canti di Kecamatan Rajabasa mulai terlihat. Pembangunan dimulai pemasangan bagan tancap untuk keperluan tahap awal pembangunan dermaga yang digunakan sebagai alat untuk pengetes tanah didasar laut.

Informasi yang dihumpun Radar Lamsel, bagan tersebut dibuat sejak 8 hari lalu. Kemarin, pelaksana pembangunan sudah melakukan pengetesan. “Kami melakukan tes dengan cara pengeboran untuk mengambil sampel kadar lumpur. Selain itu juga untuk mengetahui kekuatan daya dukung tanah dasar laut,” ujar Penguji tanah Dayat kepada Radar Lamsel didermaga Canti, Kecamatan Rajabasa, Rabu (23/11).

BACA :  Pemprov-Pemkab Bahas Covid via Video Conference

Menurut Dayat, setelah dilakukan pengeboran, sample dari tanah yang dibor akan dicek di Laboratorium untuk mengetahui kekuatan daya dukung tanah tersebut. “Sampelnya akan dicek di lab. Nantinya pihak lab akan mengeluarkan rekomendasi dan penghitungan daya dukung tanah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Canti Jahidin mengatakan akan dilakukan pernambahan bagan lain di dermaga Canti untuk keperluan pengetesan. Dikatakannya, rencana penambahan bagan akan dilakukan pada awal tahun 2017. “Semuanya 4 bagan, berarti akan dilakukan penambahan 3 bagan lagi. Rencananya akan dilakukan penambahan pada tahun depan,” ujarnya.

BACA :  Satukan Persepsi, Pemprov dan Pemkab Se-Lampung Gelar Rakor Cepat Tanggap Covid-19 Melalui Video Conference

Lebih jauh Jahidin menjelaskan, pembangunan dermaga Canti yang digagas dan diprogramkan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan adalah pelabuhan yang selama ini diimpi-impikan oleh masyarakat. Karena, kata dia, pelabuhan dermaga Canti akan digunakan untuk keperluan orang-orang banyak. “Ini adalah gagasan bapak bupati (Zainudin Hasan) yang ingin mewujudkan pelabuhan dermaga Canti. Masyarakat sangat senang. Sebab, ini bukan hanya keperluan desa dan kecamatan saja tapi juga kabupaten dan negara, bahkan dunia,” tukasnya. (rnd)