Pelaku UMKM Harapkan Perhatian Pemerintah

637
Veridial – Pengrajin kerupuk yang termasuk dalam UMKM diwilayah Katibung, hasil produksi masih sangat bergantung pada faktor cuaca, Senin (19/12) kemarin.

KATIBUNG – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diwilayah Katibung masih bergantung pada faktor cuaca sebagai sarana pendukung. Akibatnya, ketika cuaca tidak bersahabat produksi mereka merosot tajam.

Pantauan Radar Lamsel diwilayah setempat, salah satu UMKM yang ikut merosot akibat kondisi cuaca yang buruk sebulan terakhir adalah pembuat atau pengrajin kerupuk.

“Produksi kami sangat tergantung pada faktor alam sehingga ketika cuaca tak bersahabat akan sangat mempengaruhi hasil produksi,” ujar Sumarni (40) salah seorang pengrajin kerupuk di Desa Pardasuka Kecamatan Katibung, Senin (19/12) kemarin.

Dikatakannya, usaha yang sudah digelutinya sejak puluhan tahun itu hanya mampu memproduksi 12 kilogram perharinya. Akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Biasanya kata Sumarni jika cuaca panas continue produksi bisa mencapai 20 kilogram per hari.

BACA :  Covid-19 Lampung Bertambah 33 Kasus

“Tiap tahun UMKM seperti ini memang mengalami kemrosotan dalam hasil produksi karena cuaca,” kata dia.

Hal senada juga dikatakan Yuni (35) salah seorang pengrajin kerupuk lainnya. Menurutnya, proses penjemuran sangat mempengaruhi jumlah produksi. Jika curah hujan sedang tinggi para pelaku usaha kerupuk tentu mengeluh.

“Pelaku usaha seperti kami masih mengandalkan cuaca sebagai pengering kerupuk. Karena tidak mampu membeli mesin pengering yang dapat meningkatkan hasil produksi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pengrajin kerupuk modern sudah tidak bergantung pada terik matahari karena sudah menggunakan oven atau mesin pengering.

BACA :  Tambak Dilanda WSSP, DKP Anjurkan Asuransi

Para pengrajin kerupuk seperti dirinya, lanjut Yuni sangat berkeinginan memiliki alat pengering. Dengan demikian produksi bisa maksimal. “Pengrajin kecil seperti kami tentu sangat berharap pemerintah memperhatikan UMKM seperti ini,” katanya lagi.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah para pelaku UMKM akan sangat terbantu sebab, dimasa kini ekonomi kreatif memang menjadi solusi untuk lebih berkembang dikemudian hari.

“Kami harap pemerintah atau instansi terkait ada perhatian dengan memberikan bantuan atau pinjaman untuk pengadaan alat pengering. Dengan begitu ekonomi kreatif akan menjamur di desa-desa,” tandasnya. (ver)