Pelatihan UP2K Diharapkan Mampu Tekan Kemiskinan

192
Kemas Yogi - Rombongan Ketua TP PKK Natar Gustina bersama PKK Desa Pemanggilan saat meninjau taman Toga, Selasa (23/4).

NATAR – Berbagai cara dan upaya dilakukan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) desa untuk membantu pemerintah dalam mensejahterahkan keluarga.

Salah satunya dengan menggelar pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Balai Desa Pemanggilan, Selasa (23/4). “Pelatihan UP2K ini sangat penting, dalam rangka meningkatkan wawasan dan kemampuan pengurus, khususnya di bidang administrasi. Tanpa ada administrasi tentu tidak baik. Untuk itulah diadakan pelatihan UP2K agar dapat berkembang dengan baik dan bisa menekan angka kemisikinan.” kata Ketua TP PKK Kecamatan Natar Gustiana Koharudin, kemarin. 

BACA :  Nanang Pimpin Aksi Tangkal Corona

Ditambahkannya, program unggulan TP PKK pusat adalah peningkatan perekonomian keluarga dan merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK. “Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, semua peserta dapat memahami dan melaksanakan UP2K dengan baik dan benar,” ujarnya.

Ia menambahkan, UP2K mempunyai tujuan memajukan dan mensejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya. “Jika berjalan dengan baik dapat membantu penghasilan ekonomi keluarga,” ujarnya.

BACA :  Satu Pleton TNI dan Aparat Desa Semprot Disinfektan

Sementara itu, Kades Pemanggilan Pulung Andri mengatakan, pembinaan UP2K ditingkat desa rutin dilakukan bahkan banyak kader yang sudah memahami tugasnya. “Kami memberi ruang seluas-luasnya kepada PKK untuk menggerakkan keluarga-keluarga di desa, salah satunya dengan pembinaan dan pelatihan,” kata dia. 

Ia berharap hasil dari setiap pelatihan bisa diimplementasikan dalam kehidupan kader PKK. “Harapan saya seluruh kader mampu merealisasikan semua program PKK,” pungkasnya. (kms)