Pelayanan KB Dibuka Kembali

58
Ist.Radar Lamsel – Petugas Kesehatan Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas memberikan pelayanan KB gratis di peringatan Harganas, di Desa Bumidaya, Senin (29/6).

PALAS – Selama wabah Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan pelayanan Fasilitas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Faskes KB) di wilayah Kecamatan Palas sempat terhenti.

Selama pembatasan sosial tersebut Pelayanan Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat (PPM) juga mengalami penurunan sebesar 10 persen. Target pelayanan PPM yang seharusnya tercapai 70 persen pada peretengahan tahun, namun hingga saat baru tercapai 60 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Koordinator Lapangan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kecamatan Palas, Sukaryadi, pada saat menggelar pelayanan KB gratis di peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Desa Bumidaya, Senin (29/6).

Sukaryadi mengungkapkan, selama pembatasan sosial beberapa bulan lalu pelayanan PPM di Kecamatan Palas mengalami penurunan. Karena pelayanan KB dihentikan untuk menghindari penularan Covid-19.

BACA :  Seribu UKM Bakal Kecipratan Dana Stimulus

Ia menerangkan, tahun ini target pelayan PPM mencapai 3.250 keluarga produktig yang seharusnya pada pertengahan tahun telah tercapai 70 persen.

“Tapi tahun ini baru 60 persen atau sebanyak 1.950 keluarga. Pada saat PSBB kemarin hampir semua pelayanan KB kita hentikan seperti pelayanan di puskesmas dan bidan. Biasanya pada pertengahan tahun capaian kita sudah 70 persen,” ujar Karyadi memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, disela kegiatan tersebut.

Karyadi menjelaskan, pelayanan KB diperingatan Hari Keluarga Nasional ini menjadi awal pelayanan KB telah dibuka kembali setelah masa PSBB berakhir. Selain memberikan pelayanan di puksesmas dan bidan desa, pihaknya juga akan memberikan pelayanan dinamis untuk mengejar ketertigalan capaian PPM tersebut.

Pada pelayanan KB di peringatan Hari Keluarga Nasional yang digelar di Desa Sukaraja dan Desa Bumidaya itu pelayanan PPM mencapai 259 keluarga produktif.

BACA :  Diserang Virus ASF Ratusan Babi Ternak Mati

“Di kegiatan Harganas ini sudah ada 259 keluarga yang itu pelayanan. Kegiatan ini juga menjadi awalan pelayanan KB telah dibuka kembali di masa New Normal untuk mengejar target,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Klinik Keluarga Berencana UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Sri Lestari juga mengamini selama PSBB, pelayanan KB di fasilitas kesehatan sempat dihentikan.

“Memang tidak ada pelayanan, karena pelayanan KB ada kontak fisik langsung, kita juga mengikuti aturan pusat. Namun pada masa New Normal ini pelayanan akan kita jalankan kembali dengan mengikuti protokol kesehatan,” tutupnya. (vid)