Pelayanan Publik Lamsel Jadi Rujukan Rejang Lebong

48
Diskominfo Lamsel – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejong Lebong, H. Asli Samin, bertukar cindera mata pada kegiatan kunker yang berlangsung di Aula Krakatau Pemkab Lampung Selatan, Selasa (25/2/2020).

KALIANDA – Keberhasilan Pemkab Lampung Selatan dalam pelayanan publik di berbagai bidang ternyata dilirik oleh daerah lain. Buktinya, beberapa bulan terakhir sejumlah jajaran pemerintahan dari berbagai daerah datang untuk melakukan kunjungan kerja (kungker) ke Kabupaten Khagom Mufakat ini.

Selasa (25/2) kemarin, giliran Pemkab Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu yang datang untuk menggali informasi soal pelayanan publik ke Kabupaten Lampung Selatan. Mereka, berniat untuk menimba ilmu tentang program Layanan Kependudukan Online dan Terapi Sentuh Sentrik.

Rombongan Pemkab Rejang Lebong yang datang dipimpin oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) H. Asli Samin. Selain dari lingkup Bappeda, ikut pula dalam rombangan tersebut pejabat pada Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah Pemkab Rejong Lebong.

Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, Supriyanto, S.Sos, MM yang menerima kedatangan Pemkab Rejong Lebong ini sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas kungker tersebut. Dia berharap, melalui kegiatan itu dapat menjadi sarana tukar menukar informasi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di daerah masing-masing.

BACA :  ODP Mayoritas Perantau

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami. Artinya Kabupaten Lampung Selatan memiliki daya tarik yang membuat orang ingin mempelajarai, menggali serta mengkaji lebih mendalam mengenai Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Supriyanto dalam kata sambutannya di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel

Dia menjelaskan, Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan memiliki program inovasi pelayanan kependudukan yang diberi istilah ‘Pakde dan Pake Oli’. Seperti diketahui, Pakde merupakan program jemput bola ke desa-desa yang telah berjalan sejak tahun 2018. Dimana tim dari Disdukcapil akan melakukan pelayanan ke desa-desa.

“Sedangkan ‘Pake Oli’, yaitu pelayanan administrasi kependudukan secara online. Dengan Pake Oli, masyarakat dapat mengurus dan membuat dokumen kependudukan secara online,” terangnya.

Masih kata Supriyanto, Lamsel juga memiliki program Terapi Sentuh Sentrik atauTersentuh Sentrik Stimulasi Somatosensorik. Program ini, menjadi salah satu program andalan di RSUD Bob Bazar SKM Kalianda.

BACA :  DAK juga Tertunda Corona

“Program tersebut merupakan terapi untuk anak dengan gangguan tumbuh kembang. Dan sudah berjalan sejak tahun 2014. Dua program ini merupakan program inovasi unggulan pro rakyat. Dan alhmadulillah, dua program ini mendapatkan penghargaan Kompas Gramedia Award yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 lalu,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Pemkab Rejang Lebong, H. Asli Samin menyampaikan, ucapan terima kasih dan mengapresiasi sambutan yang diberikan jajaran Pemkab Lampung Selatan.

Dia menuturkan, kedatangannya beserta rombongan untuk mempelajari program inovasi unggulan di kabupaten yang menjadi pintu gerbang Pulau Sumatera ini.

“Karena kami melihat program inovasi (Pakde dan Pake Oli) dari namanya saja sudah luar biasa. Ada juga Terapi Sentuh yang juga luar biasa. Mudah-mudahan, kami bisa mengaplikasikan ilmu tersebut ke daerah kami. Sehingga, pelayanan untuk masyarakat menjadi lebih maksimal,” pungkas Asli Samin. (idh)