Pelihara dan Tingkatkan Pembangunan Jalan

793
Nyoman Subagio – Dandim 0421 Lamsel Letkol Inf. I Ketut Mertha Gunarda resmi menutup Karya Bhakti TNI Kodim 0421 Lamsel di Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Sabtu (19/3).

KETAPANG – Karya Bhakti TNI Kodim 0421 Lampung Selatan resmi ditutup, Sabtu (19/3). Karya Bhakti prajurit TNI di Desa Sumur, Kecamatan Ketapang itu telah membangun badan jalan sepanjang 1.200 meter dan bhakti sosial membangun jambanisasi bagi warga setempat.
Penutupan Karya Bhakti TNI Kodim 0421 Lamsel itu ditandai dengan penandatanganan sekaligus penyerahan bangunan dari Dandim 0421 Lamsel Letkol Inf. I Ketut Mertha Gunarda kepada Kepala Desa Sumur Jimat.
Menurut Dandim, karya bhakti yang sudah dilaksanakan tersebut merupakan wahana program kegiatan fisik yang dilaksanakan Kodim 0421 Lamsel. Orang nomor satu dijajaran Kodim 0421 Lamsel ini berharap kegiatan fisik berupa pembangunan badan jalan sepanjang 1.200 meter di Dusun Harapan, Desa Sumur dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.
“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini sehingga pembangunan badan jalan bisa dilaksanakan dengan baik. Kami juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah menghibahkan sedikit tanahnya untuk pembangunan jalan penghubung ini,” kata Ketut Mertha Gunarda, Sabtu kemarin.
Penutupan Karya Bhakti TNI yang dipusatkan di Balai Desa Sumur itu, Dandim juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi akan isu-isu yang tidak jelas. Bahkan dia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Sumur khususnya dan masyarakat Lampung Selatan umumnya untuk menyatakan “perang” terhadap narkoba.
“Selain melakukan kegiatan fisik, kami juga terus memberikan pembinaan-pembinaan melalui personil kami yang ada di desa-desa. Saya mengajak kepada semua masyarakat untuk menyatakan “Perang” terhadap narkoba. Perdaran narkoba sudah ada disekitar kita. Banyak kasus-kasus yang menjerat masyarakat dan para pejabat pemerintahan. Peredaran narkoba sudah sangat memprihatinkan. Untuk itu, kami minta peran serta masyarakat untuk menindak dan melaporkan jika ada pelaku-pelaku narkoba didesa-desa,” paparnya.
Sementara itu, anggota DPRD Lamsel asal Desa Sumur I Ketut Wartadinanta, S.Sos selaku perwakilan masyarakat setempat mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dari Kodim 0421 Lamsel yang telah melaksanakan program pembangunan badan jalan di Dusun Harapan sepanjang 1,2 Kilometer.
“Pembangunan badan jalan ini sudah lama dinantikan warga Dusun Harapan. Badan jalan itu menghubungkan antar dusun dan tempat pemkaman umum yang selama ini masih jalan setapak. Pembangunan badan jalan ini bukti kerja keras TNI bersama masyarakat karena dalam tiga minggu pembangunan badan jalan telah selesai dilaksanakan,” katanya.
Ketut Wartadinanta juga berharap kepada jajaran TNI melanjutkan program pembangunan fisik membantu pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. “Sebenarnya banyak jalan-jalan yang perlu di bangun. Khusus di Desa Sumur ini, ada juga yang perlu di bangunkan jalan yakni di Pulau Harimau. Masyarakat dikepulauan ini juga perlu kita perhatikan dibidang infrastrukturnya,” kata Ketut.
Pada penutupan Karya Bhakti TNI itu dihadiri juga Camat Ketapang Darsito, SP. Camat berharap kepada pemerintah desa menindaklanjuti pembangunan badan jalan tersebut kedepannya. “Segera ditindaklanjuti pembangunan jalan itu dengan meningkatkan statusnya menjadi jalan onderlagh dan lapen. Karena saat ini desa sudah dianggarkan dana dari pusat yankni dana desa (DD). Bahkan dari Pemkab Lamsel juga telah menganggarkan melalui program alokasi dan desa (ADD),” ujarnya.(man)

BACA :  KAYA SEMARANG