Pemadaman Listrik di Sidomulyo Dipertanyakan

646

SIDOMULYO – Warga Kecamatan Sidomulyo mempertanyakan stabilitas arus listrik di wilayah tersebut. Pasalnya, sudah dua bulan terakhir warga mengeluhkan soal pemadaman mendadak yang sering melanda sebagian wilayah di Sidomulyo.

Junaidi (40), warga Perumnas II Desa Seloretno mengungkapkan, hampir dua bulan ini listrik kerap padam secara mendadak. Bahkan, kata dia, hampir setiap subuh korsleting sering terjadi.

“Biasanya ketika masuk waktu subuh, sampai tiga kali padam kemudian hidup kembali. Begitu terus berulang-ulang,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Senin (30/10) kemarin.

Hal ini dikhawatirkan dapat merusak barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas hingga penanak nasi. Sebab stabilitas listrik kata dia, sering naik turun.

“Bukan sekali dua kali, tapi sudah sering. Kemarin ada tetangga kami yang kulkasnya rusak akibat sering terjadi tegangan yang tak stabil. Ya begitu, padam kemudian hidup berulang kali,” bebernya.

BACA :  1.030 Rumah Tak Layak Huni Terima BSPS

Terpisah Kepala Kantor Cabang PLN Sidomulyo Abu Bakar tak menutupi adanya keluhan yang disampaikan oleh warga Sidomulyo. Terlebih rayon PLN Sidomulyo meliputi lima kecamatan yakni Kecamatan Katibung, Sidomulyo, Candipuro, Way Panji dan Way Sulan.

“Ya memang laporan seperti itu sudah lama kami terima, dan sudah lama juga kami cari sumber masalahnya. Kebanyakan masalah disebabkan hal-hal sepele seperti adanya hewan yang terjebak dikabel listrik dampaknya tegangan listrik otomatis terganggu,” kata Abu Bakar.

Abu Bakar menerangkan korsleting yang sifatnya hanya sementara lebih sulit ditemukan penyebabnya ketimbang kerusakan yang bersifat lama.

“Kalau berfisat lama, justru petugas lebih mudah menganalisanya. Tapi kalau seperti terganggu pepohonan juga disebabkan oleh hewan yang sifatnya kadang tak masuk dalam logika justru itu yang menjadi penyebab utama. Kami juga berupaya semaksimal mungkin, bahkan kalau bisa secepat mungkin ditemukan penyebabnya,” ungkapnya.

BACA :  Kerusakan LPJU Diusulkan ke Hubdat

Namun apa boleh buat kata dia PLN menekankan bagian pelayanan teknis (Yantek) untuk maksimal mencari asal muasal penyebab stabilitas listrik di Sidomulyo ini terganggun.

“Bagian pelayanan setiap hari bekerja melakukan monitoring mencari penyebab utamanya, kami berharap jika ada hal-hal janggal yang dilihat warga terkait kelistrikan supaya segera dilaporkan ke PLN agar penanganan segera dilakukan,” ucapnya.

Disinggung soal kapan kepastian stabilitas listrik di Sidomulyo tercapai? Abu Bakar tak bisa memastikan. Warga diminta bersabar serta dapat berkomunikasi dengan upaya melaporkan setiap temuan yang terjadi kepada pihak PLN.

“Kalau bisa besok, tapi persoalan ini tak bisa ditarget. Tergantung pada titik berat dilahan mana yang terdapat temuan masalah, jika titik koordinat penghambat sumber ini ditemukan kami pastikan masalah bisa teratasi,” tutupnya. (ver)