Pembangunan Box Culvert Paling Ideal Atasi Banjir

513

KATIBUNG – Pembangunan box culvert sebagai saluran pembuangan air didaerah rawan banjir mesti disegerakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Sebab, keberadaan drainase yang ada di Desa Rangai Tritunggal dan Tarahan saat ini dinilai belum ideal. Imbasnya, ribuan rumah di dua desa itu acap kali jadi langganan banjir setiap musim hujan tiba.

Kepala Desa Rangai Tri Tunggal Sopyan menerangkan, diwilayahnya saluran pembuangan air hanya ada empat titik berupa gorong-gorong. Namun sayang ketika hujan tiba gorong-gorong yang ada nyaris tak berfungsi karena debit air yang datang terlampau besar.

“Gorong-gorong yang ada saat ini hanya sanggup menampung volume air seadanya. Kalau intensitas hujan lebih dari dua jam non stop maka banjir sudah positif menggenangi sekitaran Jalinsum,” kata Sopyan kepada Radar Lamsel, Senin (3/12).

Masih kata Sopyan, pihaknya sudah mengajukan proposal ke Pemprov untuk pembangunan box culvert tersebut. Sebab, lanjutnya, pembangunan box culvert adalah hal yang paling masuk akal untuk mengatasi banjir.

“ Kami sudah buat proposal ke Pemprov dan harapan kami anggota DPRD Provinsi Lampung ikut mendorong pembangunan itu ditahun 2019 mendatang karena masyarakat sudah trauma dengan banjir yang bisa dikatakan paling parah sepanjang sejarah Rangai dan Tarahan,” sebut dia.

Tak jauh berbeda dengan Desa Rangai, kondisi serupa juga dialami oleh masyarakat Desa Tarahan. Dimana saluran pembuangan air dari hulu ke hilir tak cukup kuat menampung debit air hujan yang datang dari hulu.

Titik terparah dialami oleh warga Dusun Sebalang. Akibatnya berdasar kesepakatan warga dan diketahui oleh PT. Sebalang gorong-gorong yang ada agar diperbesar.

“Solusinya saat ini hanya itu, kalau dibangun empat titik box culvert di Desa Rangai dan Tarahan maka itu akan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang selama bertahun-tahun dihantui banjir,” ujar Akbar Gemilang, anggota DPRD Lamsel asal Katibung.

Disinggung apakah pengajuan yang disampaikan warga terkait pembangunan box culvert bisa dikabulkan? Politisi dari Fraksi Golkar ini berharap DPRD Provinsi ikut mendorong prioritas infrastruktur yang diinginkan rakyat.

“ Kita coba komunikasikan hal ini, kalau pun setelah dibangun box culvert. Meski banjir namun tak akan separah periode ini, pemerintah desa Rangai Tritunggal sudah benar mengajukan pembangunan box culvert tersebut,” ujar Akbar menanggapi. (ver)